Mahmoud Abbas Bahas Situasi Palestina Bersama Raja Yordania dan Presiden Rusia

  • Bagikan
Situasi Masjid A; Aqsa yang diserang Israle baru-baru ini. -- istimewa --

PALESTINA, SULBAREXPRESS – Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Senin 18 April 2022 membahas eskalasi ketegangan dengan Israel di Yerusalem Timur bersama Raja Yordania Abdullah II dan Presiden Rusia Vladimir Putin via telepon.

Abbas berbagi pandangan dengan Raja Abdullah mengenai perkembangan di Yerusalem Timur, menuding polisi Israel bertindak.

“secara brutal terhadap para jemaah, dalam pelanggaran terang-terangan hukum internasional dan hukum serta status sejarah status quo di kota suci tersebut,” demikian laporan kantor berita Palestina, WAFA.

Ketegangan antara Israel dan Palestina kian memanas dalam beberapa hari belakangan saat bulan suci Ramadan bertepatan dengan libur Paskah Yahudi. Bentrokan antara warga Palestina dan aparat kepolisian Israel pecah pada Jumat di kompleks Masjid Al Aqsa, sehingga menyebabkan lebih dari 160 warga Palestina terluka.

Menurut laporan WAFA, kedua pihak sepakat untuk segera mengelar pertemuan dan melanjutkan konsultasi, koordinasi dan kontak dengan sejumlah pihak terkait untuk menghentikan kekerasan di situs suci tersebut.

Lewat percakapan telepon dengan Putin, Abbas membahas hubungan bilateral dan perkembangan terkini di Timur Tengah, menyebutkan bahwa ada kebutuhan untuk menghargai hukum internasional dan aksi untuk menghentikan pendudukan Israel di wilayah-wilayah Palestina. Abbas juga menyerukan upaya untuk memberikan perlindungan internasional bagi rakyat Palestina. (jpg)

  • Bagikan