Tentang Prediksi Gempa

  • Bagikan
Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono

MENGKAJI, meneliti, riset prediksi gempa itu sangat bagus bahkan termasuk perbuatan mulia karena untuk tujuan pengurangan risiko bencana gempa bahkan tsunami.

Oleh:
Daryono

(Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah lama melakukan riset prediksi ini dan mendukung siapapun mereka yang melakukan riset prediksi gempa.

Akan tetapi, jika masih dalam ranah riset/penelitian, maka harus bisa menahan diri untuk sementara hasilnya hanya diinformasikan di kalangan terbatas internal tim kajian saja dulu. Tidak untuk dipublikasikan bagi publik/masyarakat umum, karena dapat meresahkan khususnya masyarakat yang sedang dalam kecemasan dan trauma pernah terdampak gempa sebelumnya, seperti masyarakat Mamuju, Sulbar, saat ini.

Jika serangkaian uji coba dalam kajian prediksi gempa sudah sering dilakukan dan terbukti handal hasilnya, tepat dan akurat, selanjutnya hasil kajian ini dapat diterbitkan terlebih dahulu di beberapa publikasi jurnal ilmiah internasional bergengsi dan terindeks global (Q1).

Di sini akan ditelaah kerangka pikir, metode, data, cara penelitian, termasuk keshahihan landasan konsep/teori yang digunakan melalui serangkaian peer review yang ketat.

Selanjutnya baru disahkan secara operasional oleh lembaga terkait, maka informasi prediksi gempa baru bisa dioperasionalkan untuk diinformasikan kepada masyarakat luas.

Tentunya informasi prediksi gempa semacam ini sudah terbukti akurat hingga dapat menyelamatkan masyarakat kita dari bahaya gempa. (*)

  • Bagikan