Desa Mekkatta Majene Diterjang Banjir, Lima Dusun Terendam, Warga Mengungsi

  • Bagikan
Banjir yang menerjang pemikiman warga di Desa Mekkatta, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Jumat 24 Juni 2022. -- foto: haeruddin/kades mekkatta --

MAJENE, SULBAREXPRESS – Bencana silih datang berganti. Setelah gempabumi, Desa Mekkata, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulbar, dilanda banjir, Jumat 24 Juni 2022.

Kepala Desa Mekkatta Haeruddin menyampaikan, akibat banjir ini, kawasan pemukiman penduduk di lima dusun terendam. Mulai Dusun Samalio Utara, Samalio, Alle-alle, Bawappu, hingga Dusun Salubungo.

Haeruddin menceritakan, sebelum terjadi banjir, daerah ini dialnda hujan deras sejak pukul 13.00 Wita. Hanya satu jam setengah kemudian, atau sekira pukul 14.30 Wita, debit air Sungai Bawappu dan Sungai Samalio semakin tinggi. Banjir pun terjadi, airnya deras dan menggenangi perkampungan.

Lanjut Haeruddin, ketinggian banjir bervariasi, ada yang lebih dari satu meter. Jadi warga harus mengungsi ke rumah kerabatnya yang posisinya di dataran tinggi.

Ia mengaku belum mengetahui persis berapa jumlah rumah yang terendam. Sebab masih melakukan pendataan. Hingga pukul 19.18 Wita, air belum juga surut. Ia juga mengingatkan, bahwa jalan trans Wulawesi di daerah itu juga terendam. “Tapi untuk sementara, masih bisa dilelaui jenis kendaraan tertentu,” kata Haeruddin. (ham)

  • Bagikan