Pemkab Mamuju Salurkan Berbagai Sarana Penunjang Usaha untuk Masyarakat

  • Bagikan
Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi pada penyerahan bantuan sarana pendukung usaha untuk berbagai kelompok masyarakat di Mamuju, Selasa 16 Agustus 2022.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Bersinergi dengan DPRD Mamuju, Pemkab Mamuju terus berupaya menghadirkan program yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Pemkab Mamuju menggelontorkan dana besar untuk memberikan bantuan langsung berupa sarana penunjang usaha terhadap kelompok usaha masyarakat.

Lewat empat dinas terkait, Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi menyerahkan ragam bantuan kepada para penerima yang di langsungkan di Jl. Yos Sudarso Mamuju, belakang Gedung DPRD Mamuju.

Sutinah Suhardi menyebutkan, bantuan tersebut disalurkan untuk membantu masyarakat dalam menunjang produktivitas usaha masing-masing. Sehingga dapat terbangun kemandirian ekonomi dari penguatan usaha yang dilakukan oleh masyarakat.

Ia menyadari masih banyak pekerjaan rumah dalam pengembangan sektor infrastruktur yang juga harus mendapt perhatian serius. Namun, penguatan dukungan usaha terhadap kelompok usaha masyarakat juga sangat dibutuhkan agar perekonomian dapat berjalan lebih lancar.

“Semoga dengan bantuan katinting dapat membawa para nelayan lebih luas lagi jangkauannya untuk melaut, demikian juga bantuan kendaraan dapat mendorong usaha perdagangan masyarakat dapat lebih meningkat,” harap Bupati Mamuju, Selasa 16 Agustus 2022.

Sutinah berpesan agar para penerima dapat benar-benar memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik dan harus tetap dapat dimanfaatkan secara bersama-sama seluruh anggota kelompok, baik itu kelompok usaha perdagangan, maupun kelompok usaha pertanian, serta kelompok usaha perikanan, maupun kelompok penerima lainnya. Sehingga bantuan yang diterima tidak hanya dirasakan oleh satu orang saja, tapi dapat dirasakan secara bersama-sama.

Salah seorang perwakilan kelompok penerima bantuan mobil pick-up, Sadaruddin, mengaku sangat terbantu dengan adanya mobil operasional untuk mendukung usaha yang digelutinya. Sebab selama ini, usaha distribusi pupuk untuk petani yang dilakukan masih terkendala sarana pengangkutan.

“Alhamdulillah hari ini sudah ada mobil, mudah-mudahan usaha kami bisa semakin meningkat,” ucapnya.

Satrio, Ketua Kelompok Usaha Lestari yang menggeluti penjualan jagung, juga merasa sangat terbantu atas adanya mobil pick-up yang diberikan cuma-cuma oleh pemerintah. Ia berjanii akan lebih giat dalam menjalankan usaha penjualan jagung bersama seluruh anggota kelompok yang dinaunginya.

“Kami sangat senang dan berterimakasih kepada ibu bupati mamuju,” tandasnya.

Wakil Ketua DPRD Mamuju Syamsuddin Hatta mengapresiasi komitmen Bupati Mamuju terhadap serapan aspirasi hasil reses dewan yang telah dijabarkan dalam program, bahkan mereka juga dilibatkan dalam penyaluran kegiatan tersebut.

Legislator dari Partai Demokrat ini berharap agar harmoni dan sinergitas antara eksekutif dan legislatif dapat terus dipertahankan demi menghadirkan Mamuju Keren untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat.

Adapun besaran bantuan yang disalurkan masing-masing dari Dinas Perdagangan Mamuju sebesar Rp 2 miliar dalam bentuk bantuan 10 unit mobil pick-up, 4 unit sepeda motor, dan 1 set tenda kerucut.

Sedangkan dari Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Mamuju sebesar Rp 6 milyar lebih, yang diperuntukkan antara lain untuk bantuan benih padi pokok, combine haruster, color ruster, motor tiga roda, sampai pada handtractor, irigasi maupun jalan usaha tani.

Adapun dari Dinas Kelautan dan Perikanan Mamuju telah menyalurkan bantuan lebih dari Rp 8 miliar, hasil gabungan tiga bidang pada OPD yang dipimpin Dahlan Kamil.

Tak ketinggalan dari DLHK Mamuju juga menyalurkan bantuan Bibit Tobebuya untuk tiga kecamatan, yakni 1000 pohon untuk Kecamatan Mamuju, 800 pohon Kecamatan Simboro dan 800 pohon untuk Kecamatan Kalukku. (*)

  • Bagikan