Gunung Gandang Dewata Mamasa akan Menjadi Taman Nasional Terluas di Indonesia

  • Bagikan

MAMASA, SULBAR EXPRESS – Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik bersama Bupati Mamasa Ramlan Badawi dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Hermanto melakukan peletakan batu pertama Landmark Taman Nasional Gandang Dewata, di Kabupaten Mamasa, Senin 22 Agustus 2022.

Tahun ini juga, Gunung Gandang Dewata bakal ditetapkan sebagai taman nasional ke- 53 di Indonesia, sekaligus menjadi taman nasional terluas di Indonesia.

Akmal Malik berharap Pemkab Mamasa mendorong dan bekerjasama dengan komunitas pencinta alam dalam mengelola taman nasional tersebut.

“Harus dikelola berbasis komunitas, seperti komunitas pecinta alam,” ujar Akmal Malik.

Diketahui pula Gunung Gandang Dewata merupakan gunung tertinggi kedua setelah Gunung Latimojong di Sulsel.

Diharapkan kehadiran pecinta alam  mempromosikan jalur pendakian ke Gunung Gandang Dewata. Apalagi Gandang Dewata adalah jalur pendakian terberat.

“Dan selain itu bisa membuat event secara berkala dan pemda siap mendukung,” ungkapnya.

Lanjut Akmal membeberkan, masih banyak keanekaragaman di Gunung Gandang Dewata. Diharapkan melalui sentuhan komunitas pecinta alam maka kedepan Taman Nasional Gandang Dewata lebih dikenal.

“Diharapkan ini menjadi pintu gerbang mengeksplorasi berbagai keanekaragaman yang ada di Taman Nasional Gandang Dewata,” ungkapnya. (*)

  • Bagikan