Tekan Inflasi, Harus Kolaborasi dan Beri Perhatian Kepada Petani

  • Bagikan

MAMASA, SULBAR EXPRESS – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan pertemuan atau High Level Meeting (HLM) membahas stabilitas harga dan ketahanan pangan.

Hadir pada pertemuan itu Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik serta Ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi serta perwakilan enam pemkab, di Desa Tondok Bakaru, Kabupaten Mamasa, Senin 22 Agustus 2022.

Rapat tersebut sebagai tindak lanjut dari Rakornas Inflasi beberapa waktu lalu, beberapa catatan TPID Sulbar bahwa salah satu persoalan di Sulbar adalah inflasi pangan. Sejak Triwulan II, inflasi yang cukup tinggi selama tiga tahun terakhir yakni di angka 5,23 persen.

Penyumbang Inflasi salah satunya gejolak harga bahan pangan. Komoditas  utama penyumbang Inflasi pangan seperti komoditas bawang merah, bawang putih, telur, ikan, jagung, beras, dan cabe.

Akmal Malik mengatakan, tahun ini dunia menghadapi krisis pangan. Sehingga untuk mengatasi persoalan inflasi pangan diperlukan keberanian melakukan hal-hal  yang lebih riil. Dan terpenting adalah melakukan komunikasi efektif antar OPD, antar kabupaten dan stakeholder lainnya.

“Inflasi itu bisa kita hadapi dengan melakukan hal hal riil saja, misalnya penanaman jagung, bawang merah cabe merah, cabe rawit,” ujar Akmal.

Menurutnya, penanaman komoditas untuk menekan inflasil itu dapat dilakukan dengan kolaborasi. Sebagaimana arahan presiden pada Rakornas Inflasi belum lama ini,  Pentingnya sinergi dan kerjasama inflasi.

“Saya harap TPID dan seluruh stakeholder memperkuat koordinasi dalam pengendalian inflasi,” ungkapnya.

Bupati Mamasa Ramlan Badawi berterima kasih kepada Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik menyempatkan pertemuan TPID di Mamasa. Bahkan berkunjung ke UPT Rano dan melakukan dialog dengan masyarakat.

Soal stabilitas harga, lanjut Ramlan di Mamasa sendiri lonjakan harga sangat dirasakan untuk komoditas Cabe dan Bawang Merah. Diharapkan melalui pertemuan ini mendapatkan solusi, begitupun lonjakan harga yang dialami di lima kabupaten lainnya.

“Pertemuan hari ini untuk mencari solusi mendengar arahan gubernur agar memperkuat koordinasi kita,” ujar Ramlan.

Ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi mengatakan pentingnya memberikan perhatian kepada petani guna mendorong sektor pertanian sebagai upaya menekan inflasi di daerah. Dijelaskan sektor pertanian merupakan sektor unggulan Sulbar. Bahkan sektor ini pula yang menjadi harapan bagi Sulbar ketika menghadapi Pandemi Covid-19.
“Penting memberikan perhatian kepada petani,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan