Erick Thohir Pastikan MyPertamina akan Terhubung dengan Data Kepolisian

  • Bagikan
Menteri BUMN Erick Thohir

JAKARTA, SULBAR EXPRESS – Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir akan memastikan penyaluran subsidi bahan bakar minyak (BBM) tepat sasaran. Salah satunya dengan cara menghubungkan aplikasi MyPertamina dengan data kepolisian dan PT Telkom.

Menurut Erick Thohir, salah satu alasan Pemerintah menaikan harga BBM bersubsidi karena sekitar 70 persen masyarakat mampu ikut menikmati BBM yang disubsidi kan kepada masyarakat kurang mampu.

Hingga Pemerintah memutuskan untuk menaikan harga BBM dan mengalihkan anggaran subsidi ke Bantuan Langsung Tunai (BLT) agar tepat sasaran.

“Seperti yang disampaikan Bapak Presiden, 70 persen yang menikmati subsidi yang mampu. Artinya apa? Ya tidak mungkin yang mampu disubsidi. Kalau yang kurang mampu, wajib (disubsidi),” ujar Erick Thohir dalam keterangannya, Minggu 4 September 2022.

Meski mengalami kenaikan, namun harga BBM subsidi seperti Pertalite dan Solar masih terjangkau karena masih disubsidi.

Olehnya itu, untuk tidak disalahgunakan oleh orang-orang kaya, maka pemerintah lewat Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan aplikasi MyPertamina agar penyaluran BBM subsidi ini tepat sasaran.

Lanjut Erick, aplikasi MyPertamina ini bertujuan agar ada kontrol dari Pemerintah kepada pengguna BBM, terutama yang bersubsidi. Ke depan, aplikasi MyPertamina akan dihubungkan kangsung dengan data kepolisian dan PT Telkom.

“Segera saya rapatkan bagaimana sinkronisasi data Telkom dengan Pertamina ini bisa menjadi sesuatu yang baik, apalagi kalau bisa nanti saya akan mengajak Pak Kapolri untuk mendapat dukungan data nomor mobil dan jenisnya,” kata Erick.

Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah ini menuturkan, aplikasi MyPertamina masih dikembangkan dan masih ada kekuatan sejak diluncurkan Juli 2022 kemarin.

Selain itu, untuk menghubungkan data dari kepolisian dan PT Telkom masih rencanakan sambil memperbaiki aplikasi MyPertamina.

“Kita sudah pernah melakukan dengan cara misalnya PeduliLindungi, kan bisa,” jelasnya. (fin)

  • Bagikan