Akmal Malik: Pendidikan adalah Instrumen Menyelesaikan Persoalan

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik mengapresiasi upaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar telah merangkul sejumlah sekolah guna bersama-sama Gelar Aksi Nyata Pelajar Jenjang SMA/SMK Sulbar di SMA Kalukku, Kabupaten Mamuju, Jumat 16 September 2022

“Saya berterima kasih ada kolaborasi yang bagus diantara bapak bapak semua. Tidak ada sebuah capaian tanpa kolaborasi,” ujar Akmal, saat membuka  Gelar Aksi Nyata bertema “Bangkit Mengukir Prestasi Menuju Sulbar Malaqbi dan Berdaya Saing”.

Dalam kegiatan itu dikemas sejumlah kegiatan, yakni murothal Alquran, cerdas cermat wawasan agama Islam dan wawasan kedaerahan Sulbar, festival lomba produk inovasi tepat guna, pameran hasil produk inovasi yang pernah juara.

Selain itu melakukan penanaman pohon di pekarangan sekolah. Kedepan, lanjut Akmal Malik, berharap kolaborasi antar sekolah terus terbangun, dan digelar secara bergiliran di enam kabupaten.

Hal itu sebagai upaya mendorong pendidikan mengatasi permasalahan ril di daerah.

“Saya ingin lebih tematik, kedepan bisa disinkronkan dengan isu-isu nasional, misalnya soal inflasi,” ungkapnya.

Misalnya, sekolah mendorong siswa agar menghadirkan ternak ayam, dari ternak tersebut bisa menghasilkan telur. Sebagaimana diketahui salah satu penyumbang Inflasi Sulbar adalah telur.

“Kita ingin menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di masyarakat kita melalui pendidikan. Seperti negara-negara maju yang sudah lakukan itu, Jepang, dia selesaikan persoalan persampahan dengan pendidikan, dia selesaikan persamasalahan ekonomi dengan pendidikan, pendidikan adalah instrumen menyelesaikan persoalan di negeri ini,” ujar Akmal.

Akmal mengaku, empat bulan mengamati Sulbar, memang pendidikan Sulbar masih banyak hal yang harus dibenahi. Dan itu dapat diselesaikan dengan kolaborasi.

Pada pembukaan Gelar Aksi Nyata itu, PJ Gubernur Sulbar, Akmal Malik bersama Wakil Bupati Mamuju Ado Mas’ud melakukan penanaman pohon di pekarangan SMA 1 Kalukku, serta meninjau pameran produk inovasi sekolah. (*)

  • Bagikan