Realisasi APBD 50,45 Persen, Gubernur Sulbar Minta OPD Tuntaskan Program

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Pemprov Sulbar menggelar rapat evaluasi realisasi anggaran pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di Kantor Gubernur Sulbar, Senin 19 September 2022.

Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik melihat realisasi APBD di masing-masing OPD masih sangat lambat dan belanja pemerintah belum dapat dijalankan sesuai perencanaan.

Berdasarkan data Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sulbar, realisasi APBD pada OPD per Agustus 2022 berada diangka 50,45 persen.

Untuk itu, Akmal Malik menegaskan agar sejumlah OPD segera menyelesaikan sejumlah program. Tentunya, setiap OPD tetap harus memperhatikan program-program yang berkaitan dengan aspirasi DPRD Sulbar.

“Saya harap kita berjalan sesuai dengan aturan, dan tetap bangun komunikasi dengan mitra DPRD Sulbar. Komunikasi adalah hal paling efektif menyelesaikan persoalan daerah,” ujar Akmal Malik pada Rapat Program Evaluasi Anggaran  dalam rangka evaluasi APBD Sulbar.

Ia pun menyampaikan beberapa agenda yang harus dikebut dalam waktu dekat. Salah satunya penanaman mangrove yang direncanakan November mendatang. Ia berharap seluruh OPD terlibat.

Dia pun mengaku, pada program penanaman mangrove lebih mengandalkan siswa dengan tujuan mengutamakan edukasi dalam program tersebut.

“Saya harap bapak bapak lebih kencang lagi bekerja. Saya cuma ingin Sulbar ini, kita bisa lebih baik,” ungkapnya.

Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengharapkan agar masing masing OPD memastikan realisasi APBD dapat selesai November. Dengan asumsi pada Desember tidak ada lagi aktivitas.

“Perhitungan kita itu tinggal sampai November karena Desember itu sebetulnya bulan penyusunan laporan. November itu sudah tidak ada lagi aktivitas karena tidak akan ada laporan yang baik itu tanpa ada waktu yang kita simpankan untuk penyusunan laporan,” ungkapnya.

Idris pun mengingatkan agar kedepan OPD dapat membangun relasi antara perencanaan dan kesadaran eksekusi. (*)

  • Bagikan