Istri Wiji Thukul Meninggal, Pernah Dapat Janji Manis Jokowi Tapi tak Ditepati

  • Bagikan

JAKARTA, SULBAR EXPRESS – Istri aktivis Wiji Thukul, Siti Dyah Sujirah atau akrab disapa Sipon meninggal dunia pada Kamis 5 Januari 2023. 

Sipon meninggal dunia diduga karena serangan jantung. 

Jauh sebelum itu, Presiden Jokowi ternyata masih punya hutang janji ke Sipon. Janji itu terkait pencarian suaminya Wiji Thukul yang hilang sejak tahun 1998.

Saat itu, Presiden Jokowi berjanji ketika maju sebagai Calon Presiden tahun 2014 silam. Jokowi janji akan mengusut kasus hilang suaminya, Wiji Thukul. 

“Ya jelas harus ditemukan. Bisa ditemukan hidup, bisa ditemukan meninggal, harus jelas. Tentang nanti ada sebuah rekonsiliasi dari fakta-fakta ya tidak soal. Tapi harus jelas, masa sekian lama belum jelas yang 13 orang hilang itu,” kata Jokowi di Media Center Jalan Sukabumi, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 9 Juni 2014.

Wiji Thukul merupakan seorang aktivis dan penyair yang terdepan mengkritik pemerintah saat itu.

Thukul hilang diduga karena diculik oleh rezim Orde Baru sekitar bulan Mei 1998 saat gerakan menumbangkan rezim Soeharto. 

Jokowi mengaku kenal baik dengan keluarga Wiji Tukhul. 

“Kebetulan saya kenal baik dengan Widji, dia kan orang Solo. Sama keluarganya saya juga kenal, saya tahu rumahnya ada di mana,” ujar Jokowi.

Namun, hingga saat ini di periode kedua jabatannya sebagai presiden, Jokowi tak kunjung merealisasikan janji untuk mengusut kasus hilangnya Wiji Thukul tersebut. 

Pada 2018, Sipon pernah mengungkit janji Jokowi itu. Bahkan ada dua janji Jokowi.

“Saya pegang dua (janji), yang pertama soal sertifikat untuk rakyat dan yang kedua soal penghilangan paksa,” ungkapnya dilansir dari Jawa Pos. 

Sipon berharap agar Presiden Jokowi tidak gemar umbar janji jika tidak bisa dipertanggung jawabkan. 

“Pak Jokowi maaf jangan diulangi lagi kalau tidak bisa pertanggungjawaban perkataannya,” ujarnya. 

Sipon saat itu berkata, dirinya pernah sangat salut dengan Jokowi, karena sudah mempunyai keinginan untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Akan tetapi, janji yang disampaikan tersebut sampai hingga Sipon meninggal, belum juga ada kepastiannya.

Kini Sipon telah meninggal dunia menyusul suaminya yang entah di mana keberadaannya.  Sipon pergi dengan memegang janji Presiden Jokowi sejak 2014. (fin)

  • Bagikan