Kanwil Kemenkumham Sulbar Komitmen Sukseskan Pemilu 2024

  • Bagikan
Ketua KPU Sulbar Rustang bersama Kakanwil Kemenkumham Sulbar Parlindungan (kanan).

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Seluruh pihak mesti ikut serta mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 yang kini tengah berproses. Tak terkecuali Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulbar.

Demikian diutarakan Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Parlindungan, usai menerima audiensi dari KPU Sulbar, Kamis 12 Januari 2023. Dalam pertemuan, kedua pihak berkomitmen saling menguatkan melalui sinergitas dan kolaborasi demi menyukseskan agenda demokrasi 2024.

Kakanwil Kemenkumham Sulbar menerangkan, di tengah tahapan Pemilu saat ini, komunikasi antar lembaga terkait menjadi sangat penting guna memastikan segala hal mengenai teknis pelaksanaan Pemilu berjalan baik dan lancar.

Salah satunya di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan).

“Menjadi pemilih dalam Pemilu merupakan hak seluruh warga negara Indonesia termasuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas dan tahanan di Rutan,” ujar Parlindungan dalam keterangan resmi yang diterima kemarin.

Dia memastikan seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan dapat menyampaikan hak suaranya dalam pesta demokrasi sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kami Kemenkumham berkomitmen siap berkolaborasi dengan KPU guna menyelenggarakan pemilu yang jujur, adil, transparan, dan berintegritas,” tegas Parlindungan.

Ketua KPU Sulbar Rustang menerangkan bahwa kunjungannya dilaksanakan dalam rangka berkoordinasi dan membuka komunikasi untuk persiapan pelaksanaan Pemilu 2024.

Menurut Rustang, dukungan dari pihak Kemenkumham sangat diperlukan karena WBP dan tahanan dapat berpindah-pindah tempat. Untuk itu pemutakhiran data pemilih menjelang Pemilu diharapkan dapat memberikan data terkini dan akurat. (*)

  • Bagikan