Sekprov Sulbar Tegaskan SPBE Perlu Perhatian Khusus, Masih Ada OPD yang Tertinggal

  • Bagikan
Sekprov Sulbar Muhammad Idris

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Sekprov Sulbar Muhammad Idris memimpin rapat monitoring pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Sulbar, Rabu 25 Januari 2023.

Kegiatan yang digelar di Rujab Sekprov Sulbar itu dihadiri Kepala Dinas Kominfopers Sulbar Mustari Mula, Kabid E-Government Muh. Ridwan Djafar, Para Sekdis/Badan lingkup Pemprov Sulbar.

Dari hasil monitoring pelaksanaan SPBE di semua OPD Lingkup Pemprov Sulbar, dinilai masih ada OPD penerapan SPBE-nya tertinggal.

Menanggapi hal tersebut, Muhammad Idris mengatakan, ada beberapa catatan bagi OPD yang SPBE-nya masih tertinggal, diantaranya kurangnya penerapan integrasi layanan SPBE (layanan adminitrasi pemerintah dan layanan publik). Sebab layanan akan saling terhubung antara aplikasi umum nasional dan aplikasi khusus internal pemprov.

“Saat ini untuk rekor yang teratas SPBE-nya adalah BPKPD Sulbar. Kedepan akan dibuatkan pemberian Awards SPBE kepada OPD yang memiliki nilai tinggi SPBE-nya,”ucap Idris

Idris menekankan, SPBE perlu perhatian khusus, karena berbagi aplikasi yang berkeliaran dimana-mana dan dukungan teknologinya seharusnya sudah selesai sejak tahun 2022.

“Sejak jadi sekda, salah satu kinerja saya adalah meningkatkan dan mendorong elektronik di Sulbar. Namun karena adanya pandemi membuat hambatan jalannya SPBE di tahun 2022 kemarin,” ujarnya

Sementara, Kepala Dinas Kominfopers Sulbar Mustari Mula mengatakan, ada beberapa OPD menampilkan progres yang bagus, tetapi masih ada juga belum memberikan perhatian sama sekali. Itu disebabkan banyak hal-hal teknis yang tidak diperhatikan OPD, baik menyangkut insfratruktur maupun kemampuan SDM.

“Pencapaian SPBE kita penilaian di 2022 adalah 2,04. Namun, capaian SPBE sampai tahun 2026 ditargetkan meningkat dan kami sudah berkomitmen. InsyaAllah WTP sampai dengan tahun 2026, diupayakan mencapai nilai indikator 3,00,” ucap Mustari Mula.

Kepala Bidang E-Government Dinas Kominfopers Sulbar Muh. Ridwan Djafar memaparkan presentasi mengenai kebijakan penyelenggaraan dan evaluasi SPBE Pemprov Sulbar tahun 2023.

Ia menyampaikan beberapa hal, yaitu terkait tindaklanjut Perpres SPBE di Pemprov Sulbar, Existing Teknis SPBE Provinsi, dan pengorganisasian Tim Pengelola SPBE OPD. (*)

  • Bagikan