Wamentan dan Gubernur Sulbar Datangi Lokasi Ternak Terserang Virus Jembrana, Perintahkan Lakukan Isolasi

  • Bagikan
Didampingi Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik, Wamentan Harvick Hasnul Qolbi memberikan penjelasan terkait penanganan virus jembrana yang menyerang ternak di Mamuju, Rabu 1 Februari 2023.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Puluhan sapi terserang virus jembrana di Kecamatan Kalukku, Kabupateb Mamuju, Sulbar.

Kabar tersebut pun sampai ke telinga Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI Harvick Hasnul Qolbi. Bersama Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik, Wamentan bergerak dan mendatangi lokasi tersebut, Rabu 1 Februari 2023.

Tercatat selama 2023 sudah ditemukan 20 kasus vitus jembrana di Sulbar.

“Ini musibah untuk kita semua, harap bersabar,” ujar Wamentan saat meninjau lokasi peternakan di Kalukku.

Jelasnya, Kementan terus melakukan pengendalian virus jembrana dengan melakukan kerjasama berbagai pihak.

“Butuh kerjasama dari teman-teman agar bisa dimitigasi untuk agar bisa langsung dicarikan jalan keluarnya,” tutur Harvick

Untuk kasus di Kalukku, Harvick meminta dilakukan karantina sebagai bentuk pencegahan agar virus tersebut tidak menyebar ke desa lain.

“Sesuai peraturan karantina, memang sementara ini jangan sampai bergerak berpindah ke daerah lain. Setelah pengobatan, kita lihat dalam waktu dekat. Dan kita akan monitoring terus secara intens,” pungkasnya.

Kepala Stasiun Karantina Pertanian Mamuju Agus Karyono mengatakan, akan bekerjasama dengan dinas peternakan provinsi dan kabupaten untuk melakukan isolasi.

“Tidak diperkenankan diperjual-belikan dan dilakukan penyemprotan disinfektan, juga diberikan vaksinasi. Disuntik vitamin. Dan kita lockdown agar tidak dikirim keluar pulau,” ungkapnya. (*)

  • Bagikan