Akmal Malik Sebut Ego Sektoral Hambat Penanganan Stunting di Sulbar

  • Bagikan
Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik saat dialog di stasiun TVRI Sulbar.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Stunting masih menjadi problem yang belum terselesaikan di Sulbar. Diperlukan kolaborasi dan intervensi yang tepat sasaran supaya daerah ini bisa Zero Stunting Baru.

Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik menjelaskan, Zero Stunting Baru adalah upaya pengurangan stunting secara drastis di kantong-kantong stunting.

“Kita bisa sepanjang kita kolaborasi dan tepat sasaran,” ujar Akmal Malik, saat Dialog Bincang Malaqbi Dengan Tema “Mengatasi Stunting di Sulbar”, di Studio TVRI Sulbar, Mamuju, Jumat 3 Februari 2023.

Akmal Malik juga menjelaskan, persoalan stunting di Sulbar sulit ditangani disebabkan karena ego sektoral masing-masing instansi. Selain itu pengalokasian anggaran penanganan stunting yang tidak mempertimbangkan data.

“Setiap instansi punya program, persoalannya programnya jalan sendiri sendiri. Kedua kita tidak membaca dengan tepat  data yang ada. Membagi anggaran ke daerah yang stuntingnya rendah itu mubazir,” tutur Akmal Malik.

Untuk itu, kedepan penting mendapatkan data mana desa yang paling baik dalam penanganan stunting dan menjadi fokus bersama dalam melakukan diseminasi.

“Mana desa yang penanganan stunting paling bagus kita diseminasi ke daerah lain. Ini yang belum kita lakukan,” tutup Akmal Malik. (*)

  • Bagikan