Jusuf Kalla Silaturahmi di Unhas, Rektor Hadiri Agenda Lain

  • Bagikan

MAKASSAR, SULBAR EXPRESS – Agenda silaturami yang diselenggarakan pimpinan dan dosen dari dua fakultas di Universitas Hasanuddin (Unhas) yakni Fakultas Teknik Unhas pada Kamis 16 Maret dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas pada Jumat 17 Maret 2023, dihadiri mantan Wakil Presiden RI sekaligus mantan Ketua IKA Unhas M. Jusuf Kalla.

Hadir pula dua mantan nenteri, yakni mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang juga menjabat ketua IKA Unhas saat ini serta mantan Menteri Hukum dan HAM Hamid Awaluddin. Namun, hajatan ini yidak dihadiri Rektor Unhas Jamaluddin Jompa.

Ketidakhadiran Rektor Unhas ini mengundang berbagai pertanyaan, baik dikalangan internal civitas akademika Unhas maupun publik. Apalagi pada dua acara tersebut, rektor Unhas juga tidak diwakili oleh pejabat rektorat Unhas lainnya.    

Berbagai dugaan muncul dari lingkup kampus dan publik terkait ketidakhadiran rektor tersebut. Disinyalir, salah satunya adalah masih kentalnya rektor Unhas terpengaruh oleh persaingan pemilihan rektor lalu dan afiliasi politik rektor Unhas pada salah satu partai politik.

Pengamat politik dan kebijakan publik M. Saifullah menilai ketidakhadiran rektor Unhas pada dua acara tersebut memang pantas dipertanyakan mengingat acara ini dihadiri mantan Wapres dan dua mantan menteri.

“Memang agak aneh dan mengundang pertanyaan. Selain diselenggarakan oleh pimpinan dan civitas akademika Fakultas, acara ini juga dihadiri dua mantan menteri,” ucap Saifullah, Jumat 17 Maret 2023.

Terkait sinyalemen ketidakhadiran rektor Unhas disebabkan masih terpengaruh oleh pemilihan rektor dulu dan afiliasinya dengan parpol, M. Saifullah menyayangkan kalau hal tersebut benar.

“Patut disayangkan kalau memang itu penyebab ketidakhadiran rektor. Padahal hal tersebut sudah selesai usai pemilihan,” katanya.

Kalau benar itu penyebabnya, lanjut Saifullah, ini menunjukkan rektor Unhas tidak punya kapasitas kepemimpinan dalam merangkul semua pihak pasca pemilihan.

“Seharusnya rektor Unhas punya visi jauh ke depan soal institusi Unhas dan mampu memberi ruang besar bagi perbedaan pendapat dan tidak terjebak pada politik praktis,” kata Saiful.

Apalagi, kata dia, akhir-akhir ini dinamika kampus Unhas menuai sorotan karena aksi tawuran mahasiswa. Seperti aksi tawuran mahasiswa dengan Organda  beberapa waktu lalu.

“Seharusnya, rektor Unhas menjadikan dua gelaran tersebut sebagai momentum kepedulian pimpinan kampus terhadap fenomena kekerasan di kampus untuk sama-sama mencari solusinya dengan kalangan pimpinan Fakultas serta tokoh alumni Unhas lainnya”, ujarnya.

Sekretaris Rektor Unhas Muhammad Sawedi saat dikonfirmasi mengatakan ketidakhadiran rektor pada acara tersebut, karena kebetulan bersamaan dengan kedatangan Menteri ART/BPN.

“Dua minggu sebelum acara tersebut, Pak Rektor juga sudah ketemu JK di Rektorat Unhas,” kata Sawedi. (*)

  • Bagikan