Sasar Desa Sumare, Serahkan Bantuan Kepada Belasan Anak Berisiko Stunting

  • Bagikan
Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik menyerahkan bantuan berupa telur kepada keluarga yang memiliki anak berisiko stunting.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Di Ramadan kali ini, Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik kembali melakukan intervensi terhadap keluarga berisiko stunting di Desa Sumare, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Rabu 22 Maret 2023

Belasan rumah menjadi sasaran penyerahan bantuan, khususnya keluarga yang memiliki anak berisiko stunting. Mereka diberikan telur, beras, dan makanan bernutrisi lainnya.

Melalui kesempatan itu Akmal Malik yang juga sebagai Kakak Asuh Penanganan Stunting memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan mengajak masyarakat agar bersama-sama memerangi stunting.

Akmal Malik berharap masyarakat turut berkontribusi dengan menggencarkan gerakan ‘Dua Telur Cukup,’ yaitu dengan memberikan dua telur dalam sehari kepada anak stunting. Hal itu juga sejalan dengan arahan BKKBN, agar bersama melakukan wujud nyata pencegahan stunting, apalagi di Sulbar yang hingga saat ini angka prevalensi stunting masih tertinggi kedua secara nasional.

“Kita coba intervensi anak berumur 0-2 tahun. Hari ini ada sekitar 15 rumah,” sebut Akmal Malik.

Dia menjelaskan, salah satu permasalahan stunting adalah kesadaran orang tua tentang bahaya bagi anak mengonsumsi makanan kemasan atau mengandung micin.

“Ini merusak, kita tidak mau generasi muda Sulbar terkena stunting. Harusnya kasi telur. Kasi juga makanan bergizi lainnya. Ini tanggungjawab kita bersama,” ujar Akmal Malik.

Akmal Malik melanjutkan, bakal mengajak bupati di enam kabupaten agar bersama-sama menjalan gerakan pencegahan Stunting.

Terkait data sasaran keluarga berisiko stunting, Akmal Malik mengaku mengandalkan Data Desa Presisi (DDP). Melalui DDP pemprov Sulbar dapat meninjau langsung kondisi anak yang berisiko stunting. (*)

  • Bagikan