Bank Indonesia Sediakan Rp 602 Miliar untuk Penukaran Uang di 32 Titik se Sulbar

  • Bagikan
Sejumlah wasyarakat mulai melakukan penukaran uang yang dibuka BI di Lapangan Ahmad Kirang, Mamuju, Senin 27 Maret 2023.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat pada Ramadan dan Idul Fitri 1444 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulbar bersama  perbankan mulai membuka layanan penukaran uang kepada masyarakat.

BI melakukan penukaran uang secara kas keliling di pasar-pasar tertentu, sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Untuk Kabupaten Mamasa akan digelar pada 28 Maret sampai 30 Maret. Kabupaten Majene akan digelar 4-6 April dan Mamuju Tengah 12-14 April 2023.

Melalui program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi), penukaran uang bisa dilakukan masyarakat mulai 27 Maret sampai dengan 20 April 2023.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (Kpw BI) Sulbar Gunawan Purbowo mengatakan, pihaknya sengaja menggelar kick of lebih awal sebagai informasi kepada masyarakat.

“Kick of ini tujuannya agar masyarakat mengetahui bahwa penukaran uang sudah dimulai, apalagi biasanya masyarakat butuh uang baru menjelang idul Fitri,” kata Gunawan, Senin 27 Maret 2023.

Ia mengatakan, selain BI, masyarakat juga sudah bisa menukar uang di bank.

“Ini sengaja digelar lebih awal agar tidak terjadi penumpukan. Kami menyediakan layanan penukaran ada 34 titik se Sulbar,” ucapnya.

Ia menjelaskan, layanan penukaran uang yang disediakan oleh BI tahun ini meningkat dengan total Rp 602 miliar

“Secara umum angkanya naik. Tahun kemarin Rp 570 miliar, sekarang naik karena kondisi semakin membaik dan normal. Itu juga sesuai kebutuhan masyarakat dan kebutuhan perbankan,” ujarnya.

Ia mengaku, pihaknya tidak memberi batasan kepada masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang, namun untuk mempercepat penukaran dilakukan dengan pemberian paket dengan total penukaran Rp 3 juta.

Gunawan pun mengaku, seiring membaiknya kondisi perekonomian di Sulbar pihaknya berharap agar masyarakat dapat lebih mengontrol pembelanjaan jelang Idul Fitri.

“Perputaran uang di Sulbar menjelang ramadhan semakin baik itu dipengaruhi beberapa faktor seperti aktivitas Ekonomi masyarakat semakin baik dengan pelonggaran aktivitas masyarakat,” bebernya.

Salah seorang warga, Riska, mengaku bersyukur dengan adanya kas keliling yang disediakan BI, itu dinilai sangat membantu dan memudahkan dalam melakukan penukaran uang.

Sebab, menurutnya menjelang hari raya idul Fitri kadang ia merasa kesulitan mendapatkan uang pecahan yang diinginkan.

“Ini lebih cepat dari biasanya, kami merasa bersyukur bisa menukar uang lebih awal,” tandasnya. (idr)

  • Bagikan