Kemenkumham Sosialisasi Hasil Analisis Strategis Kebijakan Hukum dan HAM

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju turut mengikuti kegiatan sosialisasi Hasil Analisis Strategis Kebijakan Hukum dan HAM, secara zoom di Ruang Rapat TIMPORA Kanim Mamuju, Kamis 13 April 2023.

Sosialisasi tersebut mengangkat tema “Membangun Indonesia Bagian
Pinggiran melalui Penguatan SDM Keimigrasian di Wilayah Perbatasan”

Turut hadir Kepala Seksi Dokintalkim Abd. Rahman dan Di Kantor Imigrasi Mamuju oleh Kepala Seksi Inteldakim James Mudan, Kepala Sub Seksi Penindakan Thitis Aji Aribowo dan Analis Keimigrasian Ahli Pertama A. Muh. Alif Fahmy.

Kepala Badan Strategi dan Kebijakan Hukum dan HAM Y. Ambeg Paramarta, menyampaikan Penguatan SDM menuju manusia yang unggul sesuai 5 arahan utama Presiden RI sebagai strategi dalam pelaksanaan Misi Nawacita dan pencapaian sasaran Visi Indonesia 2045.

“Penguatan SDM memiliki korelasi yang erat dengan produktivitas kerja. Menjadi Petugas Imigrasi di Perbatasan bukan tugas yang ringan, disamping memiliki kompetensi juga harus memiliki integritas yang tinggi karena Petugas Imigrasi tidak semata-mata melaksanakan tugas dan fungsi tetapi juga sebagai penjaga kedaulatan negara. Kiranya ada perhatian agar kinerja Petugas Imigrasi di perbatasan semakin meningkat,” pungkasnya

Sosialisasi menghadirkan sejumlah narasumber, yakni Analis Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM Muhammad Fedian, S.IP. membahas hasil analisis, hasil kajian dengan tema Membangun Indonesia Dari Pinggiran Melalui Penguatan SDM Keimigrasian:refleksi dari Atambua dan Nunukan.

Narasumber Kedua oleh Dekan Fakultas Hukum UMS Dr. Mahendra Putra Kunia, S.H,M.H, dalam paparannya beliau menyampaikan tema Tantangan Keimigrasian di Kawasan Perbatasan Kalimantan Timur-Utara.

Ketiga, Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi Bapak Supartono, memaparkan terkait Membangun Indonesia Dari Pinggiran Melalui Penguatan SDM Keimigrasian: Kebijakan dan Manajemen ASN di daerah tertentu. (*)

  • Bagikan