Kagama Sulbar Siap Sinergi dengan Prof Zudan Bangun SDM Sulbar

  • Bagikan
Ketua Kagama Sulbar Salman Dianda Anwar bersama Penjabat Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh.

JAKARTA, SULBAR EXPRESS – Penjabat Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh yang menggantikan Akmal Malik yang masa jabatannya telah berakhir, berkesempatan menghadiri acara Halal Bihalal Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB), Sabtu 13 Mei 2023 di Kawasan Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara.

Dalam kesempatan yang dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat Sulbar tersebut, Penjabat Gubernur Sulbar Prof Zudan menyampaikan rasa terima kasih dan bangganya kepada masyarakat Sulbar khususnya KKMSB di Jabodetabek yang telah menyambutnya sebelum bertugas secara resmi di Sulbar.

“Terima kasih atas jamuan tokoh masyarakat Sulbar, pimpinan DPRD Sulbar, pimpinan partai politik dan para pejabat yang telah menyambut kehadiran saya sebelum tiba di Sulbar,” kata Prof Zudan, di acara Halal Bihalal.

Prof Zudan berharap, kedepan dirinya dan semua masyarakat serta tokoh di Sulbar, terutama KKMSB bisa bersinergi dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan.

“Mudah-mudahan bisa bersinergis. bukan hal baru bagi kami melaksanakan tugas di daerah, pernah melaksanakan tugas di Provinsi Gorontalo, sejak awal di Mendagri sudah sering komunikasi ke jejaring masyarakat di Sulbar,” papar Prof Zudan.

Dirinya mengakui, jika para perantau dan diaspora dari Sulbar punya kekuatan dan jejaring yang kuat dalam membantu serta membangun daerah khususnya dalam hal pembangunan SDM serta generasi di Sulbar.

“Kita punya program, bagaimana supaya anak putus sekolah namun punya semangat dan kemampuan akademik   bisa kita bantu secara bersama-sama oleh perantau. Satu orang perantau mengangkat satu orang anak asuh. Termasuk persoalan stunting, para perantau yang sudah sukses juga  bisa membantu keluarga yang membutuhkan,” kata Prof Zudan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Keluarga Alumni Gajah Masa (Kagama) Pengda Sulbar Salman Dianda Anwar menyambut baik program yang dicanangkan oleh Penjabat Gubernur dalam hal kebijakan yang pro pada dunia pendidikan dan perbaikan SDM di Sulbar.

“Selaku Ketua Kagama Sulbar saya menyambut baik. Open statment beliau di acara ini bahwa dia konsen di pengembangan SDM, terutama di kesehatan dan pendidikan tentunya kami sangat mendukung dan siap sinergi,” kata Salman.

Salman menuturkan, jika sejak dulu pihaknya sangat konsen dan memberikan perhatian khusus kepada SDM di Sulbar.

“Kita ada Program Tangani Total  Anak Tidak Sekolah (Portal ATS) yang sudah kami jalankan, dimana program tersebut mengatasi masalah putus sekolah. Saat ini kami juga sudah bersurat dengan dompet dhuafa, Baznas dan perusahaan-perusahaan yang konsen ke SDM dan lingkungan,” ungkap Salman.

Selain itu, seperti diketahui, Provinsi Sulbar dahulu merupakan kabupaten terjauh saat masih bergabung dengan Sulsel.

“Sehingga kita berharap pembenahan SDM, melanjutkan pembangunan infrastruktur, kesehatan, jalan, pendidikan dengan mengoptimalkan  orkestrasi jaringan yang dimiliki keluarga besar perantau Sulbar baik dari dalam negeri mapun luar negeri,” ucapnya.

Olehnya itu, lanjut Salman, Kagama Sulbar siap kolaborasi dan ikut serta sukseskan program gubernur.

“Di Sulbar kita ada Pimpinan Pengurus Cabang. Saat ini ada tiga yang akan siap bersinergi dengan penkabat gubernur, yakni Polman-Mamasa, Mamuju Raya dan Majene,” ungkap Salman yang juga mantan Sekjen BPP KKMSB.

Sementara itu, Ketua Umum KKMSB Muh Asri Anas juga menyampaikan sambutan yang hangat atas kedatangan Prof. Zudan ke acara Halal bihalal KKMSB.

“Kita menyambut pak gubernur. Warga perantau di Sulbar khususnya di Jabodetabek dari 29 cabang KKMSB se Indonesia,” ujar Asri Anas.

Dirinya menitip pesan, prestasi yang selama ini didapatkan oleh Prof Zudan selama menjabat sebagai Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan dan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 

“Semoga itu bisa ditularkan di Sulbar, secara khusus meningkatkan SDM Sulbar,” harap Asri Anas. (*)

  • Bagikan