LPKA Mamuju Komitemen Berantas Pungli hingga Narkoba

  • Bagikan
Petugas BNN melakukan pemeriksaan urin kepada seluruh jajaran LPKA kelas II Mamuju, Senin 15 Mei 2023.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Mamuju memastikan kondisi lapas bebas dari handphone, pungutan liar, hingga narkoba.

Itu ditandai dengan menggelar Apel Deklarasi Zero Halinar “Handphone, Pungutan Liar, dan Narkoba” tahun 2023 digelar oleh LPKA Kelas II Mamuju Kanwil Kemenkumham Sulbar dengan melibatkan aparat penegak hukum (APH) setempat yakni Polsek Kalukku dan BNN Sulbar.

Kegiatan Apel Deklarasi Zero Halinar dipimpin langsung oleh Kepala LPKA Kelas II Mamuju Suwarto dan dihadiri oleh seluruh pegawai serta Anak Binaan LPKA Mamuju.

Ia mengatakan, pihaknya telah mendeklarasikan Zero Halinar yang diikuti serentak oleh seluruh peserta apel, juga melakukan penandatanganan Komitmen Deklarasi Zero Halinar oleh Pejabat Struktural dan Kepala LPKA Mamuju sebagai bentuk komitmen pemberantasan barang terlarang di dalam Lapas dan Rutan.

Kepala LPKA Kelas II Mamuju Suwarto mengatakan, tidak berselang lama pihaknya kemudian melakukan langkah progresif dengan menggelar pelaksanaan tes urine terhadap pegawai baik staf maupun petugas pengamanan.

“Pelaksanaan tes urine ini dilakukan pada seluruh pegawai dan anak binaan, termasuk kalapas sendiri. Hasil tes urine menunjukan tidak ada satupun dari sampel tersebut yang positif narkoba,” kata Suwarto, Senin 15 Mei 2023.

Menurutnya, kegiatan tersebut sengaja digelar sebagai bentuk nyata dari komitmen dan tekad kita bersama dari seluruh pegawai dan dilanjutkan kepada anak binaan nantinya.

“Untuk itu saya tidak mentolerir jika ada pegawai maupun anak binaan yang melakukan pelanggaran terhadap komitmen ini,” ujarnya.

Kegiatan itu pun merupakan tindak lanjut atas intruksi dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan sebagai salah satu upaya deteksi dini, pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban khususnya pada LPKA Kelas II Mamuju. (idr)

  • Bagikan