Disbudpar Majene Tingkatkan Kelestarian Pa’macca

  • Bagikan
PENCAK SILAT. Kepala Disbudpar Majene Rustam Rauf saat membuka pencak silat pada kegiatan belajar bersama di Museum Mandar Majene, Senin 22 Mei 2023

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Di era globalisasi saat ini perkembangan teknologi semakin canggih, kemudahan akses informasi ikut serta membawa perubahan terhadap kebudayaan daerah.

Dengan begitu, budaya-budaya warisan leluhur mulai terkikis dengan zaman, sehingga sudah jarang ditemukan budaya warisan leluhur yang masih terjaga dengan baik untuk generasi penerusnya.

“Generasi muda harus mempunyai rasa cinta dan upaya untuk melestarikan kebudayaan kita, seperti Pa’macca atau Pakkottau (Pencak Silat) yang saat ini digelar di Museum Mandar Majene, ungkap Rustam Rauf Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Majene Senin 22 Mei.

Kegiatan pencak silat dengan tema Belajar Bersama di Museum Mandar Majene melibatkan sejumlah perguruan pencak silat di Kabupaten Majene, dihadiri Kepala Bidang Pengembangan Kebudayaan Disbudpar Majene Muhammad Syamsu Nur.

“Kegiatan ini adalah Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik BOP-MTB 2023 bekerjasama Disbudpar Majene,” terang Rustam Rauf.

Ia mengajak, kepada para generasi muda harus punya rasa cinta untuk melestarikan budaya di daerah ini. “Marilah kita sama-sama menjaga kebudayaan di daerah kita ini, sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kita terhadap leluhur,” pintanya. (hfd)

  • Bagikan