LPKA Kelas II Mamuju Lakukan Deteksi Dini Penyebaran HIV/AIDS di Lapas

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Dalam rangka deteksi dini penyebaran Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS). Lapas Binaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Mamuju melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh pegawai dan binaan di lingkungan lapas.

Tes pemeriksaan kesehatan yang dilakukan LPKA Kelas II Mamuju Kanwil Kemenkumham Sulbar dilaksanakan oleh jajaran Sub Seksi Keperawatan yang melibatkan Tim Medis Puskesmas Tampa Padang yang bertempat di ruang Aula LPKA Mamuju, Kamis 25 Mei 2023.

Kepala LPKA Mamuju Suwarto  menyampaikan bahwa kegiatan ini  merupakan langkah preventif dalam upaya pencegahan penyebaran dan upaya penanganan Penyakit  HIV di lingkup LPKA Mamuju.

“Alhamdulilah, dari 15 Anak yang menjalani Test serta seluruh petugas yang hadir, seluruhnya didapatkan hasil negatif,” kata Suwarto.

Test HIV dan pemeriksaan kesehatan tersebut dilaksanakan secara gratis. Pihaknya ingin memaksimalkan pelayanan kesehatan terhadap warga binaan khususnya terkait penyakit menular.

“Itu dilakukan sebagai bentuk deteksi dini terhadap adanya penyakit menular. Sekaligus memastikan agar lembaga binaan bersih dari penyakit menular,” ucapnya.

Perawat Ahli ]ertama LPKA Mamuju Syaiful mengatakan test HIV yang dilaksanakan adalah test Antibodi-Antigen.

Langkah awal dalam pemeriksaan ini adalah  scraning dan wawancara singkat, kemudian tim medis meletakkan sampel darah pasien ke dalam alat tes HIV yang terdapat antigen HIV.

“Tes ini dapat selesai dengan cepat, bahkan hanya memerlukan waktu 20 menit,” tandasnya. (idr)

  • Bagikan