Calon Komisioner KPU Empat Kabupaten di Sulbar Tunggu Penetapan KPU RI

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Calon komisioner KPU kabupaten telah merampungkan seluruh tahapan seleksi. Termasuk fase akhir, Fit and Proper Test atau uji kelayakan dan kepatutan.

Fit and Proper Test tuntas di Hotel Maleo, Mamuju, Minggu 4 Juni 2023. Diikuti 40 peserta dari empat kabupaten; Mamuju, Majene, Pasangkayu dan Mamuju Tengah (Mateng). Masing-masing 10 kandidat.

Sepuluh peserta dari masing-masing kabupaten secara bergantian menjalani tes akhir untuk mengisi lima kursi di KPU Kabupaten. Mereka diuji oleh para komisioner KPU Sulbar.

“Kami desain dalam dua panel. Jadi masing-masing panel itu melakukan fit untuk dua kabupaten,” kata Ketua KPU Sulbar, Said Usman di lokasi tes.

Fit and Proper Test mendalami seputar integritas dan independensi, pemahaman kepemiluan, wawasan kebangsaan, kepemimpinan secara khusus pada struktur organisasi internal KPU. Tak ketinggalan, mengklarifikasi tanggapan dari masyarakat terkait 40 kandidat yang mengikuti tes.

“Setelah fit and proper test, paling lambat 9 Juni hasil dari tahapan ini, video rekaman proses tes tersebut serta penilaian akan dikirim ke KPU RI,” imbuh Said Usman.

Selanjutnya, pihak KPU Sulbar tinggal menunggu kepastian jadwal penetapan calon terpilih oleh KPU RI.

“Kemungkinan besar akan dilakukan pelantikan per tanggal 26 Juni,” tambah Said Usman.

Salah satu peserta dari Mamuju, Hasdaris mengapresiasi kerja KPU Sulbar khususnya pada tahapan seleksi untuk KPU di empat kabupaten se-Sulbar. Menurutnya, penguji sangat memahami kondisi di lapangan, apa yang sudah atau pernah dilakukan petahana.

“Penyeleksi tahu betul bagaimana menerjemahkan apa yang harus digali dari para peserta, khususnya persoalan teknis penyelenggaraan bagi incumbent,” ujar anggota KPU Mamuju ini. (ami/chm)

  • Bagikan