Lokasi Pemantauan Hilal Masih Digodok

  • Bagikan
Kabid Binmas Islam Kemenag Sulbar Dinar Faisal

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Sidang isbat penetapan Idul Adha 2023 dilaksanakan Minggu 18 Juni mendatang. Bertepatan tanggal 29 Zulkaidah.

Pengamatan hilal akan berlangsung di 99 titik se Indonesia, termasuk Sulbar. Hasilnya akan menjadi salah satu rujukan penetapan Idul Adha 1444 Hijriah.

Kepala Bidang Bimas Islam Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sulbar Muhammad Dinar Faisal mengatakan, pihaknya menjadwal Rukyatul Hilal pada Minggu petang 18 Juni. Kementerian Agama (Kemenag) Sulbar belum menentukan titik pemantauan hilal nantinya.

“Kita masih sementara melakukan observasi lokasi pemantauan hilal yang akan ditempati nanti. Apakah di Polman, Pasangkayu, Mateng atau tetap di Mamuju. Jadi, tim kami sedang di lapangan melakukan observasi,” kata Dinar, di Mamuju, Rabu 14 Juni 2023.

Ia mengatakan, jika hilal terlihat saat pemantauan maka Idul Adha 1444 Hijriah akan jatuh pada Rabu 28 Juni namun jika sebaliknya, ditetapkan pada Kamis 29 Juni.

Sebelumnya, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Kemenag RI, Adib menjelaskan sidang isbat merupakan salah satu layanan yang diberikan Kemenag kepada umat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan Idul Adha.

Adib mengajak seluruh pihak terkait untuk mempersiapkan segala sesuatunya, sehingga bisa menghasilkan keputusan yang akan ditetapkan oleh Menteri Agama.

“Ini menjadi tugas dan fungsi kita semua. Tentu membutuhkan pelaksanaan yang baik. Karena nantinya, hasil keputusan sidang isbat akan ditetapkan oleh pak menteri,” katanya. (idr/chm)

  • Bagikan