Pengoperasian Terminal Baru Tampa Padang Perlu Uji Coba, Kemenhub Dukung Tambah Armada Tanjung Silopo

  • Bagikan
Penjabat Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh, Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi, dan Kadihishub Sulbar usai lakukan pertemuan di Kemenhub.

JAKARTA, SULBAR EXPRESS – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Dirjen Perhubungan Udara Maria Cristi Endah Murni mendukung percepatan pemanfaatan terminal baru Bandara Tampa Padang, Kabupaten Mamuju. Termasuk upaya mewujudkan direct flight Jakarta-Mamuju.

Penjabat Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, untuk kondisi bangunan terminal baru kini sudah dapat dioperasikan dan beberapa bangunan seperti parkiran itu dapat segera diselesaikan.

Sementara untuk pembukaan rute penerbangan langsung Mamuju-Jakarta bertujuan mendongkrak perekonomian daerah melalui berbagai sektor.

“Dengan adanya penerbangan langsung Jakarta-Mamuju dapat mengungkit sektor-sektor industri lain seperti pertambangan, tekstil, dan lain lain,” ucap Zudan.

Selain itu, kata Zudan, juga dapat mendorong ekspor produk pertanian, hal itu juga menjadi peluang layanan kargo.

Untuk pemanfaatan terminal baru bandara, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulbar Maddareski Salatin menjelaskan, Dirjen Perhubungan Udara memberikan arahan agar perlu dilakukan uji coba, sehingga dapat segera melakukan pembenahan atas kekurangan kekurangan yang ditemukan selama proses uji coba.

Olehnya, ia akan segera menindaklanjuti arahan Dirjen Perhubungan Udara dengan harapan terminal baru Bandara Tampa Padang dapat diperasikan dan menjadi kado ulang tahun hari jadi Sulbar ke 19 tahun.

“Ini segera kita lakukan uji coba untuk pengoperasian terminal baru,” kata Maddareski, Rabu 23 Agustus 2023, usai melakukan pertemuan bersama Penjabat Gubernur Sulbar dengan Dirjen Perhubungan Udara.

Dalam pertemuan itu, lanjut Maddareski, juga membahas terkait Direct Flight Mamuju-Jakarta.

“Untuk pembukaan rute ini masih akan dilakukan perhitungan potensi pergerakan pesawat. Termasuk mengenai potensi layanan kargo,” kata Maddareski.

Dalam hal pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Udara dipimpin Penjabat Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh bersama Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi. Turut mendampingi Kepala Dinas Perhubungan Sulbar Maddareski Salatin, Inspektur Inspektorat Sulbar M. Natsir, Kepala UPT Bandara Tampa Padang Mamuju dan Plt Kaban Penghubung Sulbar Gemilang.

Tanjung Silopo

Pemprov Sulbar mendapat dukungan
Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub dalam mendorong peningkatan status Pelabuhan Tanjung Silopo, Kabupaten Polman, menjadi pelabuhan pengumpul.

Hal itu setelah Penjabat Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh melakukan pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Capt. Antoni Arif Priadi di Jakarta, Rabu 23 Agustus 2023

Menurut Zudan, Pelabuhan Tanjung Silopo memiliki potensi bongkar muat barang maupun angkutan penumpang. Sehingga kedepan melalui OPD terkait melakukan inventarisir barang yang bisa dikirim ke luar daerah.

Kemudian membangun komunikasi antar pengusaha di Sulbar dan luar daerah. Termasuk penambahan armada guna memberikan kepastian kesiapan angkutan ke luar daerah bagi masyarakat.

“Kita ingin optimalkan pengiriman barang dan transportasi penumpang di wilayah kita sendiri,” kata Zudan.

Kepala Dinas Perhubungan Sulbar Maddareski Salatin menambahkan, selama ini Pelabuhan Tanjung Silopo menjadi tempat singgah kapal perintis dari Pelabuhan Majene dan pangkangkalannya di Kota Baru, Kalimantan. Namun kedepan pelabuhan Tanjung Silopo didorong menjadi pelabuhan pangkalan.

“Selama ini kalau sudah dari Majene muatannya sudah full sehingga muatan di Tanjung Silopo tidak bisa diakomodir semua, padahal besar potensi penumpang, selain penunpang dari Polewali juga dari Pinrang, Sulsel. Termasuk potensi barang,” kata Maddareski. (*)

  • Bagikan