Ada Kabar Beras Plastik Beredar di Mateng, Kasat Reskrim: Video Tersebut Tidak Benar

  • Bagikan
Kasat Reskrim Polres Mateng Iptu Fredy

MATENG, SULBAR EXPRESS – Belum lama ini warga Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) digegerkan dengan adanya kabar tentang beredarnya beras plastik. Kabar itu muncul di media sosial.

Merespon itu, Kasat Reskrim Polres Mateng Iptu Fredy menyampaikan, isu ini muncul setelah seorang warga Mateng membagikan video yang menunjukkan nasi kuning yang diduga terbuat dari plastik pada Senin 23 Oktober 2023.

Iptu Fredy menjelaskan, atas video tersebut pihak kepolisian telah melakukan penyelidikan dan telah mendatangi yang bersangkutan.

Dalam klarifikasinya, pelaku pembuat video tersebut mengakui bahwa video tersebut adalah hasil pemikirannya sendiri dan bukan berdasarkan bukti ilmiah.

“Kami ingin menjelaskan bahwa apa yang disampaikan dalam video tersebut tidak benar. Dan pelaku telah meminta maaf karena telah membuat gaduh di masyarakat. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak mudah mempercayai berita dan tidak membuat berita yang belum pasti kebenarannya,” kata Ferdy, Rabu 25 Oktober 2023.

Untuk menenangjan situasi ini, kepolisian telah berkoordinasi dengan dinas terkait, seperti Dinas Pertanian, untuk mengambil sampel dari nasi kuning yang diperdebatkan. Sampel tersebut akan dibawa ke laboratorium untuk dilakukan uji lebih lanjut.

“Harapan kami adalah agar masyarakat Mateng tidak perlu khawatir. Keberadaan video tersebut belum tentu mengindikasikan bahwa beras tersebut adalah plastik. Kami akan menunggu hasil uji dari Dinas Pertanian Mateng untuk membuktikan apakah benar-benar beras plastik atau tidak,” papar Ferdy.

Peristiwa ini menjadi pengingat bagi masyarakat tentang pentingnya waspada terhadap berita hoaks dan tidak terburu-buru mempercayai informasi yang belum diverifikasi. (*)

  • Bagikan