Tumbuhkan Kearifan Lokal Nelayan Pasangkayu, KPPV Gelar Katinting Race

  • Bagikan
Mantan Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa membuka Katinting Race yang digelar KPPV.

PASANGKAYU, SULBAR EXPRESS – Untuk menumbuhkan kearifan lokal masyarakat nelayan di Kabupaten Pasangkayu, Komunitas Peduli Pantai Vovanggayu (KPPV) menggelar Katinting Race.

Event yang pertama kali diselenggarakan selama tiga hari ini, dipadati ratusan penonton dari beberapa wilayah. Hajatan ini dibuka mantan Bupati Pasangkayu Agus Ambo Dijiwa di Anjungan Kelapa II Pantai, Jalan Muhammad Hatta, Pasangkayau, Jumat Sore, 1 Desember 2023.

Agus menyampaikan, Katinting Race secara tidak langsung dapat melestarikan budaya tradisional masyarakat nelayan di Kabupaten Pasangkayu.

“Balap Katinting atau lomba perahu nelayan ini sangat menarik. Dan secara tidak langsung bisa menumbuhkan kearifan lokal masyarakat nelayan di pesisir pantai Pasangkayu. Kita menyambut positif Katinting Race yang diselenggarakan oleh KPPV,” kata Agus.

Menurutnya, Katinting Race baik dijadikan event tahunan di Kabupaten Pasangkayu. Karena selain bisa menjadi salah ikon pariwisata, juga bisa menjadi hiburan bagi masyarakat.

“Saya, kita semua setuju, termasuk pemerintah daerah untuk menjadikan lomba balap perahu nelayan ini dijadikan event tahunan. Karena hari kita melihat, lomba perahu dipadati penonton dari berbagai wilayah. Saking menariknya lomba ini,” tutur suami dari Wakil Bupati Pasangkayu saat ini.

Di akhir sambutannya, dirinya mengajak peserta untuk bisa mengikuti lomba ini dengan sportif. Sehingga bisa terselenggara dengan aman dan kondusif.

“Kepada peserta, selamat berlomba, junjung tinggi sportifitas. Karena ini bukan hanya sekedar lomba saja, siap juaranya, akan tetapi kebersamaan dan persaudaraan tetap harus kita jaga,” harap mantan bupati Pasangkayu dua periode ini. (ndi)

  • Bagikan