Kasrem 142 Tatag Buka Persami Pramuka Saka Wira Kartika

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Danrem 142 Tatag Brigjen TNII Deni Rejeki yang diwakili Kasrem 142 Tatag Kolonel Inf Hadi Purwo Subroto, membuka Persami Pramuka Saka Wira Kartika Korem 142 Tatag di Pantai Panorama Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sabtu 3 Februari 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia oleh Jajaran TNI AD yang dibuka oleh Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Kiara Payung Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Amanat Kasad yang dibacakan Kasrem 142 Tatag pada persami Pramuka Saka Wira Kartika. TNI AD melaksanakan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa untuk membina dan membentuk generasi muda bangsa agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat.

Terselenggaranya kegiatan persami ini ditujukan kepada generasi muda untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar

Kasad juga berharap, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global. Selaras dengan tema kegiatan yaitu “Bersatu Dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah”. Tema ini pun harmonis dengan poin Dasa Darma Pramuka  yang kedua yaitu “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia”. 

Kasrem 142 Tatag mengatakan bahwa hari ini dilaksanaan Pembukaan Persami Pramuka Saka Wira Kartika Korem 142 Tatag yang dilaksankan selama dua hari, Sabtu dan Mingg, dan dilaksanakan di seluruh Indonesia

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat membentuk generasi muda yang berdedikasi tinggi, disiplin, terampil dan cinta tanah air, serta memiliki rasa kepedulian dan tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan dan alam sekitarnya, dengan kita mencintai alam, maka alam akan mencintai kita,” harap Kolonel Hadi.

Usai pelaksanaan kegiatan upacara dilanjutkan dengan demonstrasi smapore oleh anggota Pramuka Saka Wira Kartika, pembersihan Pantai, penanaman 1.000 pohon (500 pohon mangrove dan 500 pohon keras), peninjauan pengobatan massal bagi masyarakat kurang mampu dan pemberian bantuan sembako kepada keluaraga asuh stunting. (*)

  • Bagikan