Permudah Akses Warga, PT Letawa Perbaiki Jalan Desa Pedanda

  • Bagikan

PASANGKAYU, SULBAR EXPRESS – Komitmen PT Letawa sebagai anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat kembali ditunjukkan

Demi keberlangsungan ekonomi masyarakat, PT Letawa laksanakan perbaikan infrastruktur jalan sepanjang 4 Km di Desa Pedanda, Kecamatan Pedongga, Kabupaten Pasangkayu.

Perbaiakan infrastruktur jalan tersebut dilaksanakan pada 24-25 Februari 2024, bertujuan meningkatkan aksesibilitas dan mendukung perekonomian masyarakat setempat.

Secara berkala, PT Letawa melakukan survei kebutuhan (need assessment) masyarakat di sekitar wilayah perusahaan.

Keputusan melakukan perbaikan jalan didasari hasil need assessment masyarakat menyoroti urgensi perbaikan sebagai upaya meningkatkan akses jalur perekonomian, khususnya dalam angkutan Tandan Buah Segar (TBS) dari Desa Pedanda ke Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Letawa.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Desa (Kades) Pedanda 1 Wahyudi bersama perangkat desa. Tak ketinggalan Ketua Kelompok Harapan Maju Putu Sulaksana beserta pengurus kelompok tani, dan masyarakat serta petani Desa Pedanda 1 dan Desa Mertasari, Kecamatan Pedongga.

Dari pihak perusahaan, Tim Kemitraan PT Letawa diwakili oleh Usman, M Amir dan Jonis. Turut hadir PSAM Sulbar 1 Dannyan Taba Rahim, PSO Sulbar 1 Erik W Jayadipraja, serta Supervisi Teknik Sofyan S Ponto dan Hadi Sumarno.

Kades Pedanda 1 Wahyudi mengapresiasi perbaikan jalan bersama dengan kemitraan PT Letawa. Pastinya secara pribadi dan mewakili masyarakat merasa sangat terbantu.

“Setiap tahunnya pasti ada perawatan jalan tersebut merupakan akses utama petani menuju PKS PT Letawa,” terang Wahyudi.

Ketua Kelompok Harapan Maju Putu Sulaksana mengatakan, dengan adanya kegiatan perbaikan infrastruktur jalan kebun ini, biaya langsir buah petani dapat berkurang signifikan karena unit truck buah sudah bisa muat langsung ke TPH (tempat pengumpulan hasil).

“Terima kasih atas kerjasama ini, sehingga akan mempercepat akses unit ke pabrik PT Letawa,” kata Putu.

PSAM PT AAL Area Sulbar mewakili PT Letawa, Dannyan Taba Rahim berharap, dengan kegiatan perawatan jalan secara rutin akan menunjang perekonomian dan memperlancar tranportasi petani kelapa sawit menuju PKS PT Letawa. 

“Angkutan TBS dari Desa Pedanda dan Martasari juga dapat diakses dengan mudah sehingga dapat mengurangi biaya langsir TBS,” Dannyan dalam keterangannya, Sabtu 2 Maret 2024.

Dannyan berharap, semoga upaya ini memberikan dampak positif terhadap mobilitas dan kenyamanan masyarakat khususnya petani sawit.

“Diharapkan terciptanya hubungan yang semakin harmonis antara PT Letawa dengan masyarakat khususnya di Desa Pedanda,” imbuhnya. (ndi)

  • Bagikan