Pertumbuhan Ekonomi Triwulan I 2024 Sulbar 6,02 Persen, Tertinggi Kelima Secara Nasional

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Perekonomian Sulbar tumbuh sebesar 6,02 persen (YoY) pada triwulan I 2024. Hal ini berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar, Senin 6 Mei 2024.

Pertumbuhan Sulbar ini tercatat di atas pertumbuhan nasional dan merupakan urutan ke-5 pertumbuhan tertinggi di Indonesia.

Dari sisi lapangan usaha, sumber pertumbuhan tertinggi pada perekonomian Sulbar periode ini yaitu sektor pertanian dan industri pengolahan yang mampu tumbuh masing-masing sebesar 3,68 persen dan 13,65 persen.

Sedangkan dari sisi pengeluaran, komponen yang cukup berperan mendorong pertumbuhan ekonomi adalah komponen konsumsi rumah tangga dan PMTB yang juga masing-masing tumbuh sebesar 5,58 persen dan 6,55 persen.

Di antara komponen pengeluaran yang memberikan kinerja cukup baik adalah konsumsi rumah tangga dan konsumsi pemerintah. Konsumsi rumah tangga sangat dipengaruhi oleh pendapatan masyarakat yang meningkat dan inflasi yang terkendali. Sedangkan konsumsi pemerintah, sangat dipengaruhi oleh realisasi APBN dan APBD yang memiliki kinerja cukup baik. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version