Benamkan Vietnam, Iraq Melaju ke Semifinal

  • Bagikan
Ali Jasim yang menjadi algojo penalti sukses menjebol gawang Vietnam dan membawa Irak ke semifinal PIala Asia U-23 menghadapi Jepang. Foto: AFC

ALWAKRAH, SULBAR EXPRESS – Timmas Irak menjadi tim trakhir yang memastikan diri lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Itu setelah mereka menaklukkan Vietnam 1-0 di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Sabtu dini hari, 27 April 2024.

Kemenangan ini membuat Irak menyusul Indonesia, Jepang, dan Uzbekistan ke babak empat besar. Irak akan menghadapi Jepang di babak semifinal yang akan digelar pada Selasa dini hari 30 April 2024.

Pertandingan Irak dan Vietnam berjalan alot dengan kedua tim sama-sama berhati-hati. Gol penentu kemenangan diraih Ali Jasim melalui titik penalti pada menit ke-64 dan membawa Irak ke semifinal untuk pertama kalinya sejak 2016 yang juga digelar di Qatar.

Babak pertama berjalan alot. Peluang emas pertama didapatkan Irak pada menit ke-16 lewat tembakan Ali Al Mosawe yang digagalkan kiper Quan Van Chuan.

Vietnam bermain dengan strategi bertahan rapat dengan tiga bek tengah mereka, yaitu Nguyen Manh Hung, Le Nguyen Hoang, dan Luong Duy Cuong yang sukses meredam pergerakan penyerang Irak, Amin Al Hamawi.

Irak memang dominan dalam penguasaan bola, tapi Vietnam nyaris mencuri gol melalui Nguyen Van Truong pada menit ke-35. Beruntung bagi Irak, tembakan gelandang Hanoi FC tersebut melebar.

Memasuki babak kedua, laga berlangsung semakin sengit. Namun gol baru tercipta pada menit ke-64 setelah Nihad Muhammad Owaid dilanggar Quan Van Chuan di kotak penalti.

Wasit kemudian menunjuk titik putih setelah melalui pengecekan VAR dan Ali Jasim yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik.

Vietnam sempat mendapatkan peluang emas di masa injury time babak kedua. Tapi harapan mereka untuk menyamakan kedudukan pupus setelah Nguyen Manh Hung diganjar kartu merah langsung akibat melanggar Jasim. Keputusan ini diambil wasit setelah berkonsultasi dengan VAR. (*)

  • Bagikan