Kemenag Sulbar Launching Revitalisasi KUA di Mateng, Diproyeksi Dongkrak Pelayanan Umat Beragama

  • Bagikan

MATENG, SULBAR EXPRESS – Kantor kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulbar, terus upaya berinovasi dalam meningkatkan pelayanan umat beragama.

Kemarin, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sulbar Syafruddin Baderung  melaunching revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) di Topoyo, Mateng.

“Tugas Kemenag itu berat karena mengurusi persoalan umat dan umat itu tentunya banyak, sebagaimana nomenklatur Kemenag ialah bagaimana mengurusi umat beragama Islam, Kristen, Hindu, Katolik, Budha, dan Khonghucu. Tugas kita berat karena langsung bersentuhan dengan umat,” jelas Syafruddin di KUA Topoyo.

Olehnya itu dibutuhkan terus peningkatan inovasi demi meningkatkan dan mempermudah pelayanan untuk umat beragama.

Revitalisasi kata dia, merupakan agenda Kemenag yang direalisasikan KUA sebagai program pelayanan terpadu. Diantaranya, memperkuat peran KUA untuk meningkatkan kualitas umat beragama, menciptakan sumber daya unggul, serta menunjang layanan berbasis teknologi.

Syafruddin, menambahkan di Sulbar baru ada dua Kabupaten sebagai percontohan pembangunan gedung revitalisasi, yakni di Mateng dan Majene. Harapannya dapat merata agar pelayanan umat beragama terus ditingkatkan di seluruh wilayah Sulbar.

“Kita akan berupaya agar gedung kantor Kemenag segera dibangun, karena saat ini masih ngontrak di ruko milik masyarakat. Saya upayakan di masa jabatan saya, kantornya harus terbangun,” tandasnya.

Kepala Kemenag Mateng Muliadi Rasyid berharap program revitalisasi tersebut mampu meningkatkan semangat kerja jajaran Kemenag, khususnya KUA.

“Karena di KUA pelayana umat banyak dilakukan. Saya berharap kinerja-kinerja KUA lebih ditingkatkan lagi,” tutur Muliadi.

Kepala KUA Topoyo Lalu Rahman mengaku akan memaksimalkan program tersebut dalam rangka meningkatkan kinerja Kemenag, mempermudah pelayanan dan kenyamanan umat beragama.

“Kami akan terus tingkatkan kinerja demi kenyamanan umat beragama,” tandasnya. (*)

  • Bagikan