Tes Kesehatan Calon Anggota KPU 4 Kabupaten se Sulbar Berlangsung Empat Hari di Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, SULBAR EXPRESS – Tim Seleksi (Timsel) telah mengumumkan 80 orang Calon Anggota KPU periode 2023-2028 di empat kabupaten se Sulbar.

Mereka dinyatakan lolos seleksi tes tulis dan psikologi dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya dalam rangkaian seleksi calon aggota KPU untuk Kabupaten Majene, Mamuju, Mamuju Tengah, dan Kabupaten Pasangkayu.

Ketua Timsel, Atjo Taufik Arsa mengatakan tes kesehatan berlangsung di RS Dr Sumantri, Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), dan akan mulai bergulir hari ini (10 April). Kemudian akan dilanjutkan tes wawancara di Mamuju yang nantinya akan menghasilkan 10 nama di masing-masing kabupaten.

“Tes kesehatan ini merupakan kerjasama KPU RI dengan Dinas Kesehatan TNI AD. Alhamdulillah ini lebih mudah dalam melakukan persiapan karena sudah ada kerja sama,” kata Atjo, Minggu 9 April 2023.

Pria yang akrab disapa Copik itu menuturkan, tes kesehatan akan berlangsung empat hari yang menyesuaikan dengan jumlah peserta. Dalam pelaksanaannya dibagi menjadi beberapa sesi.

“Itu mulai tanggal 10 sampai 14 April. Ini memang agak panjang karena jumlah peserta 80 orang,” ujarnya.

Tes kesehatan nantinya akan meliputi pemeriksaan kesehatan jiwa tulis, dilanjutkan dengan pemeriksaan TD/TB/BB, Gigi, EKG, THT, Audiometri dan Mata.
Dirinya pun berharap pelaksanaan tes kesehatan dapat berjalan lancar, tanpa ada hambatan terutama bagi seluruh peserta.

Selain mengumumkan 80 nama, Timsel juga membuka kesempatan bagi semua pihak untuk memberikan masukan atau sanggahan terhadap nama-nama tersebut.
Masukan dan tanggapan masyarakat kepada Timsel bisa dilakukan dengan mengisi formulir. Masukan dan tanggapan dikirim melalui email Timsel.

Personel Timsel lainnya, Abdul Latief menuturkan, setiap tanggapan masyarakat akan ditanyakan ke yang bersangkutan pada saat tahapan wawancara.

“Tanggapan masyarakat terhadap nama-nama yang ada dalam 20 besar di setiap KPU Kabupaten. Biasanya (klarifikasi) di wawancara,” ungkapnya.

Setelah tahapan tes kesehatan dan wawancara, Timsel bakal menentukan 10 nama di masing-masing kabupaten untuk lolos ke tahap uji kelayakan dan kepatutan yang akan menentukan lima nama terpilih.

Sekretaris KPU Sulbar, Bakhtiar menambahkan, setelah tes kesehatan di Parepare, tahapan wawancara akan dilakukan di Grand Maleo Hotel and Convention Mamuju. (idr/chm)

  • Bagikan