Master Catur dari Berbagai Provinsi Meriahkan Turnamen Catur Polda Sulbar Cup

  • Bagikan
Kapolda Sulbar Irjen Pol Verdianto I. Bitticaca saat membuka kejuaraan open turnamen catur Kapolda Sulbar Cup, di Aula Polda Sulbar, Jumat 23 Juni 2023.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Dalam Rangka memperingati hari jadi Bhayangkara ke 77, Polda Sulbar menggelar Open Turnamen Catur Kapolda Sulbar Cup. Diikuti Ratusan peserta berbagai provinsi dengan total hadiah mencapai Rp 77 juta.

Kapolda Sulbar Irjen Pol Verdianto I. Bitticaca mengatakan turnamen catur ini merupakan bagian dari turnamen kejurnas mini, lantaran diikuti peserta dengan kategori master dari berbagai provinsi. Turnamen itu juga menurutnya menjadi ruang pengembangan kemampuan bagi atlet catur Sulbar.

“Jadi kita akan agendakan ini secara rutin setiap tahun agar para atlet catur kita dapat berkembang baik secara nasional maupun internasional,” kata Irjen Pol Verdianto I. Bitticaca, Jumat 23 Juni 2023.

Ia mengatakan, olahraga catur merupakan olahraga yang menggunakan kemampuan berfikir, memiliki motto Catur Gens Una Sumus” yaitu “Kita Satu Keluarga” dan berjiwa atlet. Sehingga para atlet catur harus berjiwa atlet yang menjunjung tinggi sportifitas.

Itu pun yang mendorong Polda menggelar turnamen catur, sebagai rangkaian memperingati hari Bhayangkara ke 77, dengan menggelar beberapa kegiatan salah satunya pertandingan dan lomba catur.

Kapolda Sulbar itu pun berharap seluruh Peserta agar berkompetisi dengan baik dan memanfaatkan kejuaraan Catur sebagai wadah untuk mengasah kemampuan serta kepercayaan diri.

Ketua Percasi Sulbar Muhammad Jayadi pun berharap melalui turnamen tersebut menjadi ruang para atlet untuk terus mengasah kemampuan.

“Ini menjadi ruang yang baik, Apalagi turnamen ini didukung langsung oleh Kapolda Sulbar,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Aco Irdam menjelaskan, bahwa pada Turnamen Catur Kapolda Sulbar Cup ini digelar selama tiga hari mulai dari jumat hingga Minggu. Turnamen catur ini dibagi menjadi 4 kategori yakni Kategori Umum Kategori Lokal serta Kategori Junior dan Kategori Personel Polri.

ā€¯Untuk jumlah peserta tournament catur kapolda cup I sebanyak 160 Peserta. Ada 20 master nasional ikut dalam turnamen ini, ada Master Vide (Mi) dari Sumatera Utara,  Jawa Tengah,  Jakarta, Maluku, Manado, Palu dan Kendari,” ucapnya.

Menurutnya, pemusatan pertandingan akan dilakukan di Aula Asram Haji, seluruh kelas akan diperlombakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. (idr)

  • Bagikan