PKM Banggae I Majene Terima Rombongan Kaji Banding PKM Tutar

  • Bagikan
Jajaran PKM Banggae I melakukan rapat bersama jajaran PKM Tutar di Aula PKM Banggae I Majene.

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Banggae I bersama jajaran karyawan menyambut rombongan PKM Tutar pada kegiatan kaji banding Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) PKM.

“Kaji banding ini digelar di Aula Lantai 2 PKM Banggae I Majene, pada Rabu 5 Juli 2023 pekan kemarin,” sebut Kepala PKM Banggae I Majene Hj. Surijanti Jaddu, Senin 10 Juli.

Dijelaskan, kaji banding untuk berbagi informasi tentang syarat menjadi Puskesmas BLUD. Sebagai Puskesmas BLUD sejak tanggal 28 November 2022 berdasarkan Surat Keputusan Bupati Majene Nomor 1053/HK/KEP-BUP/XI/2022.

“PKM Banggae I Majene ingin membantu PKM Tutar untuk memahami proses dan persyaratan yang diperlukan untuk mencapai status BLUD,” jelasnya.

Surijanti memaparkan beberapa dokumen yang menjadi persyaratan untuk menjadi PKM BLUD, yaitu, surat pernyataan bersedia diaudit, surat pernyataan kesanggupan meningkatkan kinerja, dokumen tata kelola, dokumen rencana strategis, dokumen Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan laporan keuangan.

“Kegiatan ini merupakan langkah positif untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola PKM BLUD,” jelasnya.

Ia berharap, dengan berbagi informasi, PKM Tutar dapat lebih mudah dan cepat memenuhi persyaratan sehingga dapat meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik untuk masyarakat, harapnya.

Menurutnya, menjadi PKM BLUD memberikan keuntungan berupa fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan untuk mendukung peningkatan mutu pelayanan kesehatan di PKM. “Hal ini diharapkan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat,” harapnya.

Ia mengutip, Kepala PKM Tutar Sudirman Rauf mengucap apresiasi atas kesempatan dan berharap kerjasama yang terjalin dapat menjadi contoh bagi unit kesehatan lainnya dalam mengoptimalkan pelayanan dan pengelolaan keuangan.

“Kaji banding penuh semangat dan kolaboratif, dengan pihak PKM Banggae I Majene berkomitmen untuk memberikan bimbingan dan dukungan kepada PKM Tutar dalam mencapai status Puskesmas BLUD,” akunya. (hfd)

  • Bagikan