Aris Munandar Harap TPS-3R Tidak Dialihfungsikan

  • Bagikan
Wakil Bupati Majene Aris Munandar Kalma foto bersama dengan pihak BPPW Sulbar setelah penyerahan TPS-3R

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Pengelolaan sampah memang perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu untuk mewujudkan daerah yang bersih, hijau dan indah.

Kebijakan ini, merupakan salah satu program prioritas yang dibentuk pada setiap kelurahan dan desa untuk peningkatan derajat kesehatan dan ekonomi masyarakat.

Hal ini, dituturkan Wakil Bupati Majene Aris Munandar Kalma setelah peresmian Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS-3R) di Dusun Butungan Desa Bonde Utara Kecamatan Pamboang, Senin 11 Desember.

“TPS-3R yang baru saja diserahkan Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sulbar kepada Pemda Majene akan segera beroperasi,” tuturnya.

Dijelaskan, bangunan hanggar seluas 20×10 meter yang dilengkapi 1 unit motor tiga roda, 1 unit mesin pencacah sampah organik, 1 unit mesin pengayak dan 1 unit mesin pres hidrolik.

“Pembangunan TPS-3R ini dikerjakan masyarakat mengunakan APBN 2023 dari Kementerian PUPR dan di kelola KSM Mapaccin menggunakan teknologi pembuatan kompos dengan metode open window, sebagai bagian dari pengelolaan sampah organik,” jelasnya.

Aris berpesan, bangunan TPS-3R untuk tidak dialih fungsikan ke sarana lainnya, sehingga diharapkan KSM mampu mengoperasikan, merawat dan memelihara sarana TPS-3R.

“Saya mengapresiasi Kementrian PUPR melalui BPPW Sulbar yang telah memberikan bangunan TPS-3R untuk peningkatan derajat kesehatan dan ekonomi masyarakat di Majene,” ucapnya.

Ia berharap, KSM dan KPP terus memperkuat kelembagaan. “Jangan ketua dan sekertaris saja yang hidup, harus ada distribusi job pekerjaan yang bisa dilakukan bersama anggota lainnya, karena fasilitas ini merupakan aset yang harus dikelola sekaligus menjadi tanggung jawab,” ujarnya.

Sementara, Kepala BPPW Sulbar Baskoro Elmiawan mengatakan, pembangunan TPS-3R dan sarana sanitasi juga dibangun di Kecamatan Sendana. “Program ini tidak lepas dari upaya Pemda Majene untuk terus bertekad membangun daerah ini,” ungkapnya.

Dikatakan, pembangunan TPS-3R sarana sanitasi masyarakat sebagai wujud usulan Pemda Majene. “Kita berharap segala fasilitas TPS-3R supaya dipelihara dengan baik demi peningkatan derajat kesehatan dan ekonomi masyarakat di Majene,” harapnya. (hfd)

  • Bagikan