Meta Kenalkan Kontrol Lebih Besar atas Konten Politik di Instagram

  • Bagikan

PENGGUNA media sosial atau medsos kini akan mendapatkan kontrol lebih besar atas feed mereka di Instagram dan Threads. Hal ini berkat aturan terbaru yang dirilis Meta baru-baru ini.

Adam Mosseri, Head of Instagram, menyampaikan bahwa tujuan di balik perubahan ini adalah untuk menghormati preferensi setiap pengguna terkait konten politik. Meskipun beberapa orang mungkin mencarinya, yang lain lebih memilih untuk menghindarinya, dan pembaruan Meta secara khusus ditargetkan untuk menghormati berbagai kepentingan ini.

“Tujuan kami adalah untuk mempertahankan kemampuan masyarakat untuk memilih berinteraksi dengan konten politik, sambil menghormati selera setiap orang terhadap konten tersebut,” kata Adam Mosseri, mengumumkan di Threads bahwa perubahan tersebut akan diterapkan dalam beberapa minggu ke depan. Facebook juga diperkirakan akan meluncurkan kontrol baru ini di kemudian hari, yang dirahasiakan.

Ini bukan hanya tentang memfilter apa yang muncul di feed kita, tetapi juga tentang menawarkan kepada pengguna pilihan untuk terlibat dengan konten politik sesuai keinginan mereka.

Bagi mereka yang masih ingin mendapatkan informasi mengenai isu-isu pemerintahan, pemilu, atau sosial, pilihannya tetap terbuka. Pengguna dapat mengubah pengaturannya agar pintu ini tetap terbuka, hanya memengaruhi konten dari akun publik di bagian yang direkomendasikan seperti Jelajahi dan Reel. 

Yang penting, hal ini tidak akan mempengaruhi konten dari akun yang sudah diikuti, menjaga sentuhan pribadi dari media sosial seseorang.

Dilansir via TheVerge, inisiatif ini merupakan bagian dari strategi Meta yang lebih luas untuk menjauhkan platformnya dari ranah berita dan politik yang kontroversial. Mengingat minimnya konten politik di feed pengguna AS dan pendirian platform tersebut untuk tidak mempromosikan konten politik karena terbatasnya interaksi dan potensi negatif, pembaruan ini tepat pada waktunya.

Saat kita semakin dekat dengan pemilihan presiden, keseimbangan antara keterlibatan dan kualitas konten menjadi semakin penting. Terlebih di Indonesia yang pada 14 Februari mendatang akan menghadapi Pemilu serentak.

Kebijakan baru Meta juga berdampak pada pembuat konten, khususnya mereka yang menggunakan platform mereka secara profesional. Kemampuan untuk memeriksa dan menentang kelayakan rekomendasi melalui fitur Status Akun memberikan tingkat transparansi dan kontrol, sehingga memastikan bahwa pembuat konten memahami bagaimana konten politik dapat memengaruhi visibilitas mereka.

Bagi pembuat konten, Meta mengatakan bahwa “jika akun Anda tidak memenuhi syarat untuk direkomendasikan, tidak ada konten Anda yang akan direkomendasikan terlepas dari apakah semua konten Anda melanggar pedoman rekomendasi kami atau tidak.” 

Saat perubahan ini diterapkan, akun profesional di Instagram akan dapat menggunakan fitur Status Akun untuk memeriksa apakah postingan konten politik memengaruhi kelayakan mereka untuk mendapatkan rekomendasi.

Akun profesional juga dapat menggunakan Status Akun untuk menentang keputusan yang mencabut kelayakan ini, selain mengedit, menghapus, atau menjeda postingan terkait politik hingga akun tersebut memenuhi syarat untuk direkomendasikan kembali. (jpc/*)

  • Bagikan