Jokowi Dijadwal Dua Hari di Sulbar, Ini Rute Kunjungannya

  • Bagikan
Rapat persiapan kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo di Sulbar.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Terkait rencana kunjungan kerja (kunker) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Sulbar, pejabat daerah hingga perangkat pengamanan semuanya sibuk mematangkan segala hal yang dibutuhkan.

Penjabat Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh bersama Sekretaris Presiden (Setpres), Pangdam XIV Hasanuddin Makassar Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar, serta unsur Forkopimda Sulbar kembali melakukan rapat persiapan rencana kunjungan Jokowi. 

Tak ketinggalan dalam rapat seluruh pimpinan OPD dan perwakilan Pemkab Mamuju dan Mamasa. Rapat itu berlangsung di Graha Sandeq Pemprov Sulbar, Sabtu 20 April 2024. 

Hasil rapat disepakati jadwal kunjungan Jokowi. Orang nomor satu di republik ini akan tiba di Bandara Tampa Padang Mamuju pada Senin sore 22 April 2024. Dari bandara, Presiden langsung menuju Grand Maleo Hotel Mamuju untuk beristirahat. 

Hari kedua, Selasa 23 April 2024, kunjungan pertama Jomowi adalah ke SMK 1 Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupate  Mamuju. Di sini, Jokowi akan meresmikan hasil rehabilitasi-rekonstruksi bangunan terdampak gempa 6,2 SR Mamuju pada 2021 lalu. 

Dari SMK 1 Rangas, Jokowi menuju Lapangan Makorem 142 Tatag dan menuju Kabupaten Mamasa menggunakan helikopter. Presiden akan mendarat di Lapangan Lambanan Mamasa diperkirakan pukul 09.50 Wita.

Di Mamasa, Presiden meninjau dua titik yakni Pasar dan RSUD Kondosapata. Setelah peninjauan, istirahat dan kembali ke Bandara Tampa Padang menggunakan helikopter, kemudian melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta.

Prof Zudan berharap rundown pelaksanaan kunjungan Presiden menjadi pedoman bersama bagi seluruh unsur terkait, khususnya Pemkab Mamuju dan Mamasa. 

Prof Zudan mengatakan, pelaksanaan kunjungan di sejumlah titik seperti sekolah akan dibuat sederhana, sehingga tidak sampai meliburkankan proses belajar mengajar. 

“Kunjungan Presiden RI merupakan suatu kebanggan bagi kita. Kita persiapkan semuanya, sehingga kalau ada sesuatu yang diinginkan ke Presiden sampaikan dengan cara-cara yang baik, malaqbi, dan etika tinggi. Kita bersama-sama menjaga agar semua yang ada berada dalam suasana akhlakul karima dan etika yang tinggi. Sampaikan betul nilai-nilai Kemandaran kita dari masyarakat Sulbar,” pungkasnya.

Terkait Pengamanan, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun dan Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar telah berkomitmen menjamin kelancaran pelaksanaan kunjungan presiden RI.

Beberapa catatan perlu menjadi perhatian bersama seperti cuaca yang bisa saja menggeser jadwal yang disepakati. (*)

  • Bagikan