Layani Jamaah Haji dan Umran, Garuda Buka Penerbangan Langsung Makassar-Jeddah

  • Bagikan
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menerima rombongan Garuda Indonesia yang akan membuka penerbangan langsung jamaah haji dan umrah dari Makassar–Jeddah. -- dok. pemprov sulsel --

MAKASSAR, SULBAREXPRESS – Demi melayani jamaah umrah dan haji, Garuda Indonesia rencana membuka penerbangan langsung dari Makassar ke Jeddah, Arab Saudi.

“Rencana penerbangan umrah dan haji dari UPG (Hasanuddin International Airport, red) akan dibuka pada Mei,” kata Regional CEO Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Berthon Hutapea seperti dilansir dari Antara di Makassar.

Dia menjelaskan, hal itu menjadi salah satu upaya berkesinambungan Garuda Indonesia dalam memastikan kebutuhan aksesibilitas layanan penerbangan bagi calon jamaah umrah maupun haji dari wilayah asal.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, sudah ada pembahasan dengan pihak Garuda tentang rencana penerbangan langsung (direct flight) dari Makassar menuju Jeddah.

“Alhamdulillah, segera dibuka kembali layanan penerbangan langsung bagi jamaah haji dan umrah oleh PT Garuda Indonesia,” tutur Andi Sudirman.

Andi Sudirman mengusulkan adanya penerbangan rute Makassar–Bone–Kendari dan rute Tana Toraja–Balikpapan. Selain itu, dengan pembukaan rute penerbangan membuka peluang lebih besar bagi potensi ekonomi.

“Kami juga membahas kesediaan maskapai dalam layanan domestik seperti Makassar–Bone–Kendari dan rute Tana Toraja–Balikpapan. Kita (rencana) siapkan dana subsidi rintisan,” ujar Andi Sudirman.

Terkait usul tersebut, Berthon Hutapea mengatakan, pihaknya saat ini terus menjalankan komunikasi intensif terkait penjajakan rute tersebut termasuk potensi pangsa pasar baik penumpang maupun kargo serta dukungan dari pemerintah setempat. (jpg/ham)

  • Bagikan