Polri Berbagi Tips Aman Tinggalkan Rumah saat Mudik Lebaran

  • Bagikan
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo

JAKARTA, SULBAREXPRESS – Diprediksi sebanyak 85 juta masyarakat Indonesia akan melakukan mudik di libur Lebaran 2022 ini. Masyarakat pun menyambut baik lantaran dua tahun sebelumnya ada pelarangan mudik dari pemerintah akibat Covid-19.

Dengan tingginya antusiasme masyarakat yang kembali ke kampung halamannya, Polri pun memberikan tips-tips kepada masyarakat agar bisa mudik aman, sehat dan bahagia.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengimbau kepada masyarakat yang ingin mudik, harus memastikan bahwa kondisi rumah yang akan ditinggalkan semuanya dalam keadaan terkunci, mulai dari pintu hingga jendela.

“Tips aman antara lain, sebelum mudik pastikan rumah dalam keadaan terkunci,” ujar Dedi, Sabtu 23 April 2022.

Kemudian, masyarakat yang mudik untuk tidak lupa memberitahukan kepada tentangga terdekat dan juga Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas). Hal itu dilakukan agar ada yang mengawasi rumah yang ditinggalkan tersebut.

“Infokan kepada tetangga atau kerabat yang tidak mudik. Dapat juga diinfokan kepada Bhabinkamtibmas untuk didata,” katanya.

Lebih lanjut Dedi mengimbau kepada masyarakat yang mudik Lebaran 2022 ini untuk tidak memakai perhiasan berharga yang berlebihan. Hal ini untuk mencegah terjadinya tindak kriminal. (jpg)

Berikut ini tips aman meninggalkan rumah mudik Lebaran 2022 yang aman dari Polri:

  1. Sebelum mudik pastikan rumah dalam keadaan terkunci.
  2. Infokan kepada tetangga atau kerabat yang tidak mudik.
  3. Dapat juga diinfokan kepada Bhabinkamtibmas untuk dilakukan pendataan.
  4. Cek keadaan listrik rumah sebelum meninggalkan rumah.
  5. Cek tabung gas pada kompor untuk mencegah kebakaran.
  • Bagikan