Aleix Espargaro Start Terdepan

  • Bagikan
Pembalap tim Aprilia Aleix Espargaro menunjukkan helm berlivery spesial untu MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol. -- dorna sports --

CATALUNYA, SULBAREXPRESS – Belum ada yang mampu menghentikan Aleix Espargaro sejauh akhir pekan pada balapan MotoGP Catalunya, Barcelona, Spanyol.

Setelah memimpin pada sesi latihan bebas hari pertama dan kedua, jagoan Aprilia tersebut sukses meraih pole position pertamanya di sirkuit tersebut.

Mengenakan helm dengan livery yang disedikasikan untuk putrinya Mia, Aleix mencatat waktu terbaik 1 menit 38,742 detik untuk memastikan posisi start terdepan untuk balapan besok malam.

Sesi kualifikasi 2 sejatinya didominasi oleh pembalap Yamaha Fabio Quartararo. Saingan utamanya di awal sesi justru Francesco Bagnaia (Ducati), bukan Aleix. Bagnaia hanya 0,010 detik lebih lambat dari catatan waktu pertama Quartararo.

Dominasi tersebut bertahan sampai paro pertama sesi. Aleix baru mencatat waktu terbaiknya pada lap kedua pada paro sesi kedua. Catatan waktu tersebut sekaligus menjadi rekor baru di Sirkuit Montmello.

“Hari ini situasinya sungguh rawan. Kami bisa dengan mudah melakukan kesalahan dan mengalami highside karena kehilangan cengkeraman ban,” ucap Aleix. “Aku selalu berada dalam limit di setiap tikungan. Jadi aku senang bisa meraih pole position, apalagi ini adalah balapan kandangku,” tandasnya.

Posisi start kedua dikuasai Francesco Bagnaia, yang menggeser Quartararo di usahanya yang terakhir. Meski tampil dominan di awal, Quartararo justru gagal memperbaiki catatan waktunya dengan signifikan.

Pada akhir sesi dia menjadi pembalap tercepat ketiga dan mengunci posisi terakhir di barisan start terdepan. Sebelumnya, pada sesi kualifikasi pertama dua pembalap yang lolos ke kualifikasi kedua adalah Maverick Vinales (Aprilia) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda). (jpc)

  • Bagikan