Quartararo Juara, Espargaro Lupa Finis

  • Bagikan
Fabio Quartararo-- foto: motogp --

CATALUNYA, SULBAREXPRESS – Juara bertahan MotoGP Fabio Quartararo memetik kemenangan kedua musim ini. Quartararo menjadi juara MotoGP Catalunya, seri ke-9 MotoGP 2022. Sebelumnya El Diablo, julukan Quartararo, juga juara pada seri ke-5 di Portugal.

Dalam balapan di Circuit de Barcelona pada Minggu 5 Juni 2022, Quartararo mendominasi sejak garis start. Dengan 25 poin hasil kemenangan di Catalunya, Quartararo pun masih memimpin klasemen MotoGP 2022.

Pembalap Prancis itu mengoleksi 147 poin. Pada race MotoGP Catalunya tadi, delapan pembalap menjadi pecundang. Mereka gagal finis, di antaranya Enea Bastianini, Francesco Bagnaia, dan Alex Rins.

Jalannya Balapan

Star dari posisi ketiga, Quartararo langsung memimpin sebelum memasuki tikungan pertama. Di saat bersamaan, insiden terjadi sebelum Turn 1 itu. Tiga pembalap crash.

Dari tayangan ulang tampak Takaaki Nakagami kehilangan kendali saat menikung. Rider asal Jepang itu terjatuh, menyenggol motor Alex Rins dan Francesco Bagnaia. Quartararo, Aleix Espargaro, Jorge Martin, dan Johann Zarco menjadi empat pembalap di depan.

Quartararo makin lama kian menjauh. Persaingan memperebutkan posisi kedua pun berlangsung sengit antara Martin dan Espargaro.

Kejadian unik terjadi di lap atau putaran terakhir. Aleix Espargaro yang saat itu berada di urutan kedua, sepertinya lupa balapan belum usai. Espargaro tampak memperlambat laju motor Aprilia bernomor 41 itu setelah melintasi garis finis dan melambaikan tangan ke arah fan di tribune.

Setelah beberapa saat, dia baru menyadari masih ada satu lap lagi. Quartararo finis pertama, Martin kedua, Zarco ketiga, Joan Mir keempat, dan Espargaro di urutan kelima. Setelah balapan, Espargaro terlihat menyesali kebodohannya di lap terakhir. Sementara itu, Quartararo tampak puas dengan kemenangan di Catalunya.

“Balapan di Mugello dan Catalunya sesungguhnya sulit buat saya, tetapi ini luar biasa. Saya menang di sini,” kata Quartararo kepada awak MotoGP. (jpnn/ham)

Berikut Klasemen Sementara MotoGP 2022.

  1. Fabio Quartararo, 147 poin
  2. Aleix Espargaro, 125 poin
  3. Enea Bastianini, 94 poin
  4. Johann Zarco, 91 poin
  5. Francesco Bagnaia, 81 poin
  6. Brad Binder, 73 poin
  7. Alex Rins, 69 poin
  8. Joan Mir, 69 poin
  9. Jack Miller, 65 poin
  10. Marc Marquez, 60 poin
  • Bagikan