Terima Bantuan TNI AL, Gubernur Perintahkan Segera Salurkan ke Korban Bencana

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAREXPRESS -Pascagempa magnitudo 5,8 yang mengguncang Mamuju pada Rabu 8 Juni 2022, bantuan logistik kemanusiaan untuk warga terdampak gempa telah diserahkan ke Gubernur Sulbar di Lanal Mamuju.

Menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Makassar 590, bantuan logistik diterima Gubernur Sulbar Akmal Malik bersama jajaran Forkopimda dan Komandan Satgas Tanggap Bencana Sulbar Danrem 142 Tatag Brigjen TNI Farouk Pakar dan Kepala Pelaksana BPBD Sulbar Amri Ekasakti.

Menurut Asops Lantamal VI makssar mewakili Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Ahmad Muharam, bantuan tersebut di peruntukan bagi warga terdampak bencana di Mamuju. Itu merupakan bantuan yang dikirim Kepala Staf TNI AL (Kasal).

Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Kasal TNI Al kepada masyarakat yang terdampak gempa di Sulbar khusunya Mamuju.

“Bantuan ini langsung dari Kasal yang di distribusikan oleh Komando Armada II, bantuan ini meliputi sembako dan kebutuhan sehari hari di gunakan Masyarakat,” ucap Kolonel Laut (P) Ahmad Muharam, Senin 13 Juni 2022.

Ia tidak merinci jumlah bantuan yang distribusikan tetapi dirinya mengaku bahwa bantuan yang dikirim dinilai cukup untuk masyarakat yang terdampak.

“Jumlahnya lumayan banyak seperti beras, popok untuk bayi sarung selimut, kebutuhan logistik lainya, ada juga kebutuhan medis untuk membantu apabila ada masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Pihaknya mengaku, bantuan tersebut diserahkan langsung ke Posko melalui Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik.

“Ini kami telah serahkan, secepatnya akan di distribusikan, melalui satgas tanggap darurat akan menyalurkan langsung ke masyarakat,” jelasnya.

Sementara Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik, menyampaikan terima kasih kepada TNI AL khusunya kepada Kasal yang telah membantu masyarakat yang terdampak gempa di Sulbar.

“Atas nama masyarakat Sulbar kami sampaikan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut, bantuan ini akan membantu kebutuhan bagi warga terdampak gempa,” ujarnya.

Ia mengatakan, bantuan tersebut akan disalurkan langsung kepada komandan satgas tanggap bencana yang telah dibentuk.

“Hari ini melalui Komandan Satgas dan BPBD telah merekap dan akan menyalurkan secepatnya kepada masyarakat baik yang ada di posko dan rumah warga. Kami berharap bantuan ini bisa tepat sasaran,” jelasnya.

Namun ia mengaku, bantuan tersebut sementara akan di prioritaskan bagi warga yang terdampak gempa magnitudo 5,8 lalu.

“Terkait banjir juga melakukan inventarisasi bagi warga yang terdampak gempa, untuk banjir ada alokasi bantuan lain,” jelasnya.

Sementara Danlanal Mamuju Letkol Marinir Temmy Irawan, mengatakan pihaknya berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban warga yang terdampak bencana.

“Bantuan bencana ini tergantung nanti di Posko untuk penyalurannya seperti apa,kita berharap bisa meringankan beban masyarakat,” tandasnya. (idr/ham)

  • Bagikan