Konsultan Perencana Rehab dan Pembangunan SMP di Polman Merangkap Konsultan Pengawas

  • Bagikan

POLMAN, SULBAREXPRESS – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) tahun ini mendapat proyek rehab dan pembangunan SD dan SMP senilai Rp 35,9 miliar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Rinciannya, proyek rehabilitasi SD senilai Rp 12,4 miliar lebih yang dialokasikan untuk 61 paket proyek. Kemudian, proyek rehabilitasi SMP sebesar Rp 23,5  miliar untuk membiayai 68 paket proyek.

Kepala Seksi SMP Disdikbud Polman Arifin mengungkapkan, untuk biaya konsultan pengawasan dan perencanaan proyek rehab SMP tahun ini sebantak Rp 876 juta.

Kata Arifin, biaya tersebut untuk lima orang konsultan sekaligus sebagai konsultan perencanaan kegiatan.

“Kalau SMP saja, dia juga perencanaan dan dia juga pengawasan. Mereka merangkap, orang yang sama,” paparnya, saat ditemui di kantornya, Senin 15 Agustus 2022.

Menurut Arifin, untuk rekanan yang bekerja melaksanakan proyek rehab sekolah, mereka yelah mendapatkan uang muka 25 persen dari total jumlah anggaran paket kegiatannya.

“25 persen uang muka cair untuk tahap awal rehab sekolah, dan memang ada dalam kontrak,” tambahnya.

Beda Perusahaan

Dalam kesempatan lain, Kepala Seksi SD Disdikbud Polman Muh Sabiq mengatakan, pengawasan dan perencanaan rehab SD di Polman tahun ini menggunakan enam perusahaan.

Untuk biaya perencanaan sebesar Rp 261 juta, sementara biaya pengawasan Rp 288 juta. Total anggaran perencanaan dan pengawasan Rp 549 juta.

“Tapi beda orangnya, bukan orang yang sama. Apapun personelnya tetap perusahaan yang tentukan. Mereka bekerja sampai tanggal 31 Desember tahun ini, ” tandasnya, melalui telepon, Jumat 19 Agustus 2022. (ali)

  • Bagikan