TNI AL Kerahkan Armadanya Kawal Sandeq Lintasi Sembilan Etape

  • Bagikan
Komandan Lanal Mamuju Letkol Marinir Temmy Irawan, saat meninjau kesiapan para pasandeq di Pantai Tanjung Silopo, Polewali Mandar, Rabu 31 Agustus 2022.

POLMAN, SULBAR EXPRESS – Pangkalan TNI AL Mamuju (Lanal Mamuju) ikut melakukan pengawalan bagi seluruh passandeq dalam Festival Sandeq etape pertama dari Tanjung Silopo Kabupaten Polman menuju Pantai Banggae Kabupaten Majene, Rabu 31 Agustus 2022.

Panitia sandeq turut melibatkan TNI AL dalam event tersebut untuk melakukan pengamanan, selain itu TNI Al juga sebelumnya melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh pasandeq.

Komandan Lanal Mamuju Letkol Marinir Temmy Irawan mengatakan, pelibatan TNI Al merupakan bentuk dukungan TNI AL pada event Festival Sandeq tahun ini.

Selain itu pihaknya mengikutsertakan Kapal Perang KRI yang didatangkan dari Koarmada II Surabaya, Lantamal VI Makassar dan Lanal Mamuju mengawal passandeq dalam perjalanan mengarungi Selat Makassar.

Festival Sandeq adalah lomba perahu layar tradisional suku Mandar, tema yang diusung dalam festival ini adalah Indonesia mendukung IKN, Perahu Sandeq akan melintasi sembilan etape yakni dimulai start dari Kabupaten Polman hingga finish di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Letkol Marinir Temmy Irawan menjelaskan, Kepala Staf TNI AL (KSAL) sangat mendukung kegiatan Festival Sandeq 2022 yang merupakan simbolis memperkenalkan Budaya Bahari Sulbar dan mendukung pembangunan IKN. Sehingga Laksamana TNI Yudo Margono memerintahkan kepada KRI Sultan Nuku-373, Kal Suluh Pari II – 6 – 60 dan Pangkalan TNI AL Lanal Mamuju untuk turut serta menyukseskan kegiatan Festival Sandeq

“Diharapkan selama pelaksanaan Festival Sandeq 2022 dapat berjalan dengan aman dan lancar, dan seluruh peserta dapat mencapai garis finish di Provinsi Kalimantan Timur dengan selamat,” tandasnya. (idr/ham)

  • Bagikan