Rintangi Cuaca Buruk, Passandeq Berangsur Tiba di Pulau Ambo, Beberapa Sandeq Alami Kerusakan

  • Bagikan
Beberapa pesahu Sandeq berlabuh di pesisisr pantai Pulau Ambo, Senin sore, 5 September 2022. -- foto: muhammad ridwan alimuddin --

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Peserta Festival Sandeq 2022, meninggalkan Pantai Manakarra Mamuju, Senin dini hari, 5 September 2022. Setelah menempuh jarak 60 mil laut dari Mamuju menuju Pulau Ambo, Kepulauan Balabalakang, Kabupaten Mamuju, para passadeq itu akhirnya tiba di Pulau Ambo Senin sore, 5 September 2022.

Ketua Tim Lomba Festival Sandeq 2022 Muhammad Ridwan Alimuddin mengatakan, “Alhamdulillah, kami sudah tiba di Pulau Ambo. Baru 12 sandeq yang masuk. Jarak tempuh 60 mil laut”.

Lanjut Ridwan, 20 mil menjelang Pulau Ambo para passandeq diadang cuaca buruk. “Hujan deras, angin kencang. Ada beberapa sandeq yang mengalami kerusakan, yakni Angin Pammase ada retak di haluan, Sinar Banggae patah palatto bagian depan,” ucapnya.

Rencananya, para peserta yang berjumlah 35 sandeq beserta 35 kapal pattonda akan bermalam di Pulau Ambo untuk menunggu semua sandeq tiba dan memberi waktu perbaikan.

“Bisa dipastikan kami akan tiba terlambat di Manggar, Kaltim. Yang tadinya rencana tangga 6 September menjadi tanggal 7 September. Mudah-mudahan tahap berikut cuaca sudah oke,” ujar Ridwan. (ham)

  • Bagikan