Banjir dan Longsor Terjang Mamuju-Majene, Kapolda Sulbar Pastikan Korban Terima Bantuan

  • Bagikan
Kapolda Sulbar Irjen Pol Verdianto I. Bitticaca, meninjau penanganan pasca banjir di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Rabu 12 Oktober 2022.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Bencana banjir bandang dan tanah longsor menerjang Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, Sulbar, Selasa 11 Oktober 2022.

Gegara longsor, jalur trans Sulwesi di Kabupaten Majene sempat tertutup berjam-jam. Demikian juga di Kabupaten Mamuju, akibat banjir bandang di Kecamatan Kalukku, jalur trans Sulawesi juga sempat tertutup hingga malam tadi.

Tidak hanya itu, banjir yang melanda wilayah Mamuju menyebabkan beberapa gedung sekolah, rumah dan persawahan milik warga ikut terendam. Bahkan dari beberapa video amatir, terlihat terlihat ada rumah yang ikut hanyut terbawa arus sungai.

Kejadian tersebut lantas direspon cepat Kapolda Sulbar Irjen Pol Verdianto I. Bitticaca. Ia memerintahkan Tim SAR Gabungan dari Brimobda Sulbar, Dit Samapta dan Polresta Mamuju untuk melakukan evakuasi warga yang menjadi korban.

“Kemarin saat kejadian kami sudah menerjunkan personel. Dan hari ini saya turun langsung untuk meninjau kondisi wilayah yang terdampak bencana dan memastikan para korban menerima bantuan,” ungkap Kapolda Sulbar saat meninjau lokasi banjir di Kecamatan Kalukku, Rabu 12 Oktyober 2022.

“Ada beberapa kepala keluarga yang memilih untuk mengungsi di tempat aman atau di rumah keluarganya, karena sebagian dari mereka tempat tinggalnya sudah tidak layak huni ataupun masih trauma untuk kembali,” urai Kapolda Sulbar.

Jenderal bintang dua ini mengungkapkan, beberapa hari terakhir ini intensitas curah hujan di Kabupaten Mamuju dan Majene cukup tinggi. Untuk itu, pihaknya sudah mempersiapkan langkah aktipatif.

Sambungnya, respon cepat dari musibah bencana alam merupakan salah satu programnya selaku Kapolda Sulbar yang tertuang dalam Commander Wishnya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan mendirikan dapur lapangan (randurlap) dengan kendaraan Brimob, mengevakuasi korban serta membantu pembersihan jalan dan rumah masyarakat. (*/ham)

  • Bagikan