Mamuju Juara Umum E-sports, ESI Sulbar Dorong Ekosistem E-Sports

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Panitia E-sports Pekan Olahraga Provinsi Sulbar (Porprov) IV Sulbar di Mamuju, telah merampungkan pertandingan.

Hasil terkahir pada cabang E-sports mobile legend yang mempertemukan tuan rumah Mamuju dengan Polman berhasil dimenangkan oleh Polman dengan skor telak 3-0. Meski berhasil memenangkan pertandingan, namun Mamuju keluar sebagai juara umum di cabor E-sports dengan mengumpulkan total 7 medali, dua emas dan perak 4, perunggu 1.

Laga itu menjadi laga penutup di cabang E-sports yang kemudian setalah pertandingan dilanjutkan dengan penyerahan medali dan penutupan.

Ketua Harian ESI Sulbar Risbar Berlian Bachri menyampaikan, rasa terimakasih kepada panutan dan seluruh atlet yang telah mensukseskan Porprov IV Sulbar di cabang E-sports.

“Saya berharap cabor E-sports di provinsi Sulbar dapat terus berkembang dan untuk para atlit agar terus berlatih mengembangkan skill dan kemampuannya,” kata Risbar, Kamis 22 Desember 2022.

Menurutnya, E-sports Sulbar terus menunjukkan trend positif khususnya di berbagai event, baik ditingkat lokal dan sudah mencapai masuk dalam tingkat 10 besar pada beberapa event nasional.

“Harapannya, E-sports Sulbar kedepannya dapat masuk dapat masuk peringkat tiga besar Nasional,” ucapnya.

Kemudian, berbicara event internasiona, dirinya mendapat informasi bahwa salah satu atlit E-sports Sulbar yang berlaga di Porprov IV Sulbar 2022 ini, akan dikontrak oleh timnas untuk berlaga pada pertandingan skala nasional.

Sementara Ketua ESI Sulbar Sudadi juga menyampaikan rasa bangga dan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mensupport ESI .

Ia menyampaikan, pada gelaran Porprov IV Sulbar 2022, masih terdapat beberapa hal yang perlu dibenahi untuk kedepannya. Hal itu akan menjadi evaluasi dalam penyelenggaraan kedepan.

Terkait segala kekurangan yang ada, dirinya berharap agar dapat melihat keadaan secara realistis. Olehnya itu, dengan segala keterbatasan, ekosistem perkembangan E-sports di Sulbar harus terus digelorakan dengan semangat juang, sehingga atlit orahraga ini kedepannya dapat bersaing di kancah Nasional.

“Sebab, meskipun Sulbar wilayah kecil tapi harus besar dalam prestasi. Kepada para atlit yang belum mendapatkan medali agar tetap termotivasi. Sebab, kedepannya masih banyak event-event E-sports yang akan digelar di Indonesia,” jelasnya.

Pengurus ESI Sulbar terus mendorong dan berkolaborasi dalam menciptakan ekosistem E-sports di wilayah.

Sementara Sekertaris KONI Sulbar Saefuddin Nonci menjelaskan, berkat dukungan semua pihak, baik dari panitia pelaksana, penyelenggara, atlit dan Tim Delegate Porprov IV Sulbar, dirinya bersyukur semuanya dapat berjalan dengan lancar.

“Sebuah kebanggaan besar bagi masyarakat Sulbar bahwa kita juga mampu melaksanakan event besar Pekan Olahraga Provinsi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, setelah Porprov masih ada pertandingan-pertandingan selanjutnya yang menunggu yaitu Pra PON.

Pihaknya berharap dengan modal atlit-atlit lokal yang ada di Sulbar dapat berjaya dan mengangkat nama Sulbar sampai ke tingkat Nasional.

“Kepada para atlit jangan terlalu berbangga, menyombangkan diri, melainkan terus berlatih membuat perubahan-perubahan karena E-sports adalah olahraga masa depan, olahraga anak muda yang mempunyai peluang dan potensi besar untuk meraih medali khususnya di Sulbar,” ucapnya.

Ia pun berharap, kedepan dalam level nasional cabor E-sports dapat menyumbangkan satu medali untuk Sulbar. Namun hal itu perlu mendapat dukungan seluruh pihak. Olehnya itu kuncinya adalah kolaborasi hal yang mutlak dilakukan untuk mencapai prestasi yang lebih baik.

“Untuk para peserta, juara yang didapatkan agar dijadikan momentum untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi,” tandasnya.

Sementara Technical Delegate E-sports Sulbar Ardiansyah menjelaskan, setalah lima hari menggelar pertandingan yang diikuti enam kabupaten dengan 182 atlit yang didampingi masing-masing official, seluruh pertandingan telah diselesaikan.

Hasilnya untuk juara umum Porprov Ke-IV Cabor Esports diraih oleh Mamuju dengan total perolehan 7 medali, yakni 2 emas dan 4 perak, 1 perunggu.

Kemudian Polman, 2 emas, dan 2 perunggu. Majene, 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Mamasa 1 perunggu. Kemudian 1 perunggu. (idr)

Perolehan MedaliĀ  E Football

Emas, Majene
Perak l, Mamuju
Perunggu, Mamasa dan Pasangkayu

Perehan Medali Free Fire

Emas, Mamuju
Perak, Majene
Perunggu, Polman

Perolehan Medali PUBG Squad

Emas, Mamuju
Perak, Mamuju
Perunggu, Mamuju

Perolehan Medali PUBG Solo

Emas, Polman
Perak, Mamuju
Perunggu, Polman

Perolehan Medali Mobile Legends

Emas, Polman
Perak, Mamuju
Perunggu, Majene

  • Bagikan