Kemenkumham Sulbar Perkuat Pengawasan Orang Asing di Mateng

  • Bagikan
Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulbar melakukan koordinasi dengan kepolisian dan pihak Kesbangpol Mateng.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Sulbar melakukan koordinasi dengan kepolisian dan pihak Kesbangpol Mamuju Tengah (Mateng) guna meningkatkan sinergitas dalam melakukan pengawasan terhadap orang asing di Wilayah Mateng.

Diharapakan terjalin sinergitas dalam upaya deteksi dini terhadap kegiatan dan keberadaan orang asing serta kemungkinan-kemungkinan yang terjadi akibat keberadaan mereka.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Soeryo Tarto Kisdoyo saat menyambangi Kesbangpol dan Polres Mamuju Tengah, Jumat 20 Januari 2023.

“Koordinasi Intelijen Keimigrasian bukan hanya sekedar upaya tukar informasi antar instansi namun meningkatkan gelora Tim Pora sebagai wadah anggota yang mempunyai tugas dan fungsi melakukan pengawasan terhadap orang asing,” ujar Soeryo Tarto.

Ia menegaskan, pelaksanaan tugas keimigrasian meliputi, pengawasan keimigrasian, tukar informasi keberadaan investor asing terkait potensi Mateng dengan potensi pertambangan, pariwisata, serta penguatan Tim Pora dan pengawasan terhadap lembaga swadaya masyarakat yang berafiliasi dengan asing.

“Dan juga isue terkini yang  berpotensi berkembang di Wilayah Mamuju Tengah” sambung salah satu Pejabat Administrasi Unit Wilayah Menkumham, Yasonna itu.

Penguatan Tim Pora juga menjadi salah satu fokus pihak kepolisian yang terus melakukan pengumpulan informasi keberadaan dan kegiatan warga negara asing yang berada di Wilayah Kabupaten Mamuju Tengah. (rls)

  • Bagikan