Perang Sudara di Sudan, Mahasiswa asal Sulbar Pulang dengan Selamat

  • Bagikan
Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik menyambut kepulangan Fahriansyah, mahasiswa asal Polman yang berkualiah di Sudan yang kini dilanda perang saudara.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Fahriansyah, mahasiswa asal Polman, Sulbar, yang berkuliah di Sudan, menjadi penyintas konflik di negara tersebut. Kini ia kembali ke Sulbar. 

Fahriansyah merupakan mahasiswa yang berkuliah di Internasional University Of Africa, Sudan, dan saat ini sudah semester 7. Ia merupakan satu dari ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Sudan telah dipulangkan Pemerintah Indonesia melalui KBRI ke daerah masing-masing.

Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik, bersama Kepala Badan Penghubung Sulbar Habibi Azis dan Kepala Dinas Sosial Rahmat Sanusi serta Asisten I Pemkab Polman pun menerima sekaligus menyerahkan mahasiswa Sulbar penyintas konflik Sudan Fahriansyah kepada keluarga di Rujab Gubernur, Minggu 30 April 2023.

Ia mengatakan, pemerintah sangat bersyukur dengan kembalinya warga Sulbar ke tanah air. Itu karena perang saudara yang menimbulkan kekacauan di Sudan.

Dipulangkannya WNI ke daerah masing-masing sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri khususnya KBRI, sekaligus bentuk kepedulian pemerintah kepada setiap warga yang berada di luar negeri.

“Kita ingin menunjukkan bahwa pemerintah hadir, utamanya memberikan perlindungan kepada setiap warga,” kata Akmal Malik.

Setelah dikembalikan dari Sudan ke Sulbar, pemprov memastikan akan memfasilitasi segala kebutuhan jika konflik terlah berkahir.

“Insya Allah kalau konflik sudah berhenti kita akan kirim kembali, nanti biayanya pemerintah provinsi akan tanggung, tetap belajar dan keluarga tolong diingatkan karena pendidikan penting,” kata Akmla.

Akmal mengatakan, atas nama pemprov pun telah menyerahkan Fahriansyah secara resmi untuk sementara kembali bersama keluarga ke Polman.

Pemprov pun berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik diantaranya memberikan perawatan kesehatan.

Mahasiswa asal Polman yang berkuliah di Sudan, Fahriansyah pun mengaku bersyukur telah kembali ke Sulbar dengan selamat.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur bisa selamat dan kemabali ke Indonesia dan mengucapkan terimakasih kepada Presiden, KBRI dan Pak Gubernur,” jelasnya.

Pemkab Polman pun menyampaikan rasa haru dan bangga atas kembalinya warga Polman dari area konflik di Sudan.

Hal itu disampaikan Asisten I Pemkab Polman Agusnia Hasan Sulur. Ia menjelaskan jika pihak keluarga sebelumnya merasa bingun dengan biaya kepulangan ke Sulbar.

“Terimakasih kepada Pemerintah dan Gubernur, karana tadinya dipikir mereka pakai biaya sendiri, tetapi setelah tiba di Sulbar ternyata difasilitasi pemerintah Sulbar,” jelasnya.

Ia pun tidak meyangka dapat diterima dan disambut dengan meriah, rencananya pun besok akan kembali ke Polman. (idr)

  • Bagikan